oleh

Pansus I DPRD Sulteng Konsultasi Tugas dan Kewenangan Satpol PP

-Kota Palu-dibaca 53 kali

SULTENG RAYA – Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Sulteng melaksanakan konsultasi di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta untuk membahas Raperda Penyidik Pegawai Negeri Sipil serta  Ketentraman dan Ketertiban Umum, Kamis (7/10/2021).

Pada kesempatan itu, Wakasat Pol PP DKI Jakarta, Sahat Parulian yang memimpin rapat dengan Pansus 1 DPRD Sulteng menyatakan tugas Satpol PP di daerah itu  menegakkan Perda dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), serta menyelenggarakan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Menurutnya, tugas perlindungan masyarakat ini dilaksanakan di era Pandemi Covid-19.

“Dengan tugas ini, Satpol PP mempunyai kewenangan  delegatif. Maka Tim Satpol melakukan yang namanya penertiban masker,”katanya.

Menurut Sahat, kewenangan  delegatif berlaku saat Covid- 19 melanda Jakarta sejak April 2020, dimana, Satpol PP menegakkan Pergub DKI Jakarta, sebelum diterbitkan Perda Covid-19.

Baca Juga :   MENUJU KOTA ADIPURA, Warga Talise Rutin Kerja Bakti di Akhir Pekan

“Kita mengeluarkan Pergub Pendisiplinan, sanksi dan lain-lain, sebelum diterbitkan Perda tentang Covid,”jelasnya.

Sahat Parulian juga mengatakan, Satpol PP harus mendapat perhatian di era pandemi, karena  Satpol PP merupakan ujung tombak penegakkan aturan yang diterbitkan oleh Pemda.

Karena dirinya melihat Satpol PP menjadi OPD yang kurang diperhatikan dari segi anggaran. padahal, Kata dia,  Satpol PP berkembang fungsinya menjadi urusan wajib. *WAN

Komentar

News Feed