oleh

SELEKSI SUBSTANSI DISDIKBUD KOTA PALU, 252 PNS Bersaing Jadi Calon Kepsek dan Pengawas Sekolah

-Kota Palu-dibaca 44 kali

SULTENG RAYA – Sebanyak 252 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinyatakan lulus administrasi bakal calon Kepala Sekolah (Kepesk) dan Pengawas Sekolah  mengikuti seleksi substansi di salah satu hotel di Kota Palu selama tiga hari, yakni sejak Sabtu hingga hari ini, Senin (9-11/10/2021).

Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Swayah, mengatakan, seleksi substansi yang dilaksanakan merupakan rangkaian seleksi bakal calon pengawas sekolah dan bakal calon kepala sekolah setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama kurang lebih tiga bulan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan seluruh dimensi kompetensi yang diperlukan bagi seorang pengawas dan kepala sekolah dalam menjalankan tugas,” kata Sekkot Asri saat membuka secara resmi Seleksi Calon Kepsek dan Calon Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga :   Enam Ahli Waris Pembuat Kasur Terima Santunan Rp42 Juta dari BPJamsostek

Seleksi substansi bakal calon pengawas sekolah, kata dia, untuk memilih dan memilah bakal calon pengawas sekolah memiliki potensi pengawasan.

Oleh karena itu, melalui seleksi substansi diharapkan dapat menghasilkan calon-calon pengawas sekolah berkualitas, yaitu memiliki kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.

“Demikian pula, seleksi substansi bagi bakal calon kepala sekolah mempunyai arti yang sangat penting, karena bertujuan untuk menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh bakal calon kepala sekolah yang memungkinkan dapat kembangkan,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, calon Kepsek dinyatakan lulus administrasi sebanyak 204 orang. Sementara, berdasarkan proyeksi Disdikbud Kota Palu sesuai alokasi anggaran tersedia di 2021, penerimaan calon Kepsek sebanyak 89 orang, terdiri dari calon kepsek Taman Kanak-kanak (TK) sebanyak delapan orang, Sekolah Dasar (SD) 64 orang dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 17 orang.

Baca Juga :   Kapolda Sulteng Kunjungi Rumah Korban Dugaan Asusila Oknum Kapolsek Parigi

Sedangkan calon Pengawas Sekolah yang lulus administrasi 48 orang. Sementara, oroyeksi yang akan diterima sebanyak 47 orang. HGA

Komentar

News Feed