oleh

Warga Tanjung Batu Antusias Ikuti Vaksinasi

SULTENG RAYA – Ratusan warga Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala antusias mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Donggala, di terminal Kecamatan Banawa.

Pantauan Sulteng Raya, ratusan warga yang berasal dari Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Banwa, Kabupaten Donggala memadati antrian vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Donggala. Satu persatu warga yang hendak divaksin diperiksa tekanan darahnya sebelum menerima suntikan vaksinasi COVID-19.

Kepala Puskesmas Donggala, Ahmad menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan secara mobile di lingkungan warga, tujuannya untuk memudahkan warga mengikuti vaksinasi.

“Kami sengaja lakukan secara mobile di lingkungan masyarakat agar memudahkan masyarakat untuk menerima vaksin,” terangnya.

Menurutnya, vaksinasi yang dilaksanakan secara mobile itu, terbukti sangat efektif dalam menjangkau warga, hal itu terlihat dari animo masyarakat sangat baik bahkan antusias masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti  kegiatan itu.

Baca Juga :   Vaksinasi di Donggala Sudah Capai 35,2 Persen

Kata dia, pada umunya animo masyarakat Kecamatan Banawa untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, hal itu terlihat dari angka pencapaian sasaran vaksinasi Kecamatan Banawa yang terbanyak jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya.

Lanjutnya, adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi ini adalah kurangnya tenaga tim vaksinasi, mengingat sasaran penerima vaksin di kecamatan banawa sebanyak 23.000 orang.

“Sementara Pemerintah Kabupaten Donggala menargetkan 80 persen masyarakat Donggala sudah harus menerima vaksin pada bulan Desember 2021, sehingga upaya percepatan bisa dilakukan dengan adanya penambahan tenaga vaksinator,” tegasnya.

Hal itu kata dia, berdasarkan rekomendasi World Healt Prganization (WHO) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), bahwa pembentukan kekebalan kelompok (herd imunity) dapat tercapai dengan sasaran pelaksanaan vaksinasi minimal sebesar 70 persen dari jumlah masyarakat.

Baca Juga :   Sisa Tujuh Orang Positif COVID-19 di Donggala

Untuk mencapai target vaksinasi pemerintah Kabupaten Donggala/pihaknya berharap agar tenaga vaksinator segera ditambah agar dapat bekerja lebih ekstra lagi. ADK

Komentar

News Feed