oleh

Aleg PKS Sigi Upayakan Pemberangkatan Mahasiswa ke Hadramaut

-Kab. Sigi-dibaca 55 kali

SULTENG RAYA  – Lagi, salah seorang putra Sulawesi Tengah, dinyatakan diterima di Universitas Alahgaaf di Hadramaut Yaman. Bukan hanya itu, Abdullah Baari yang mengikuti ujian sekitar setahun yang lalu, dinyatakan lulus sebagai salah satu penerima beasiswa.

“Sayangnya, beasiswa yang ditanggung pihak universitas, hanya biaya pendidikan. Tidak termasuk transportasi dan biaya lain-lain,”kata Anggota Legislatif (Aleg) DPRD Kabupaten Sigi, Hikmah Ladjiji, yang membantu pemberangkatan Abdullah Baari ke Yaman.

Selain itu, akibat pandemi Covid-19, Abdullah Baari, yang seharusnya berangkat tahun lalu, terpaksa menunda keberangkatannya, dan direncanakan akan bertolak menuju Yaman 21 Oktober mendatang.

“Baari, sempat putus harapan untuk bisa menimba ilmu di tanah kelahiran Guru Tua, sebab dari kampus, mahasiswa hanya mendapatkan beasiswa parsial, sehingga agak kesulitan untuk bisa berangkat. Kami pun membantu dengan menyiapkan biaya-biaya, untuk keberangkatannya ke Yaman. Tidak kurang dari Rp75 juta yang telah ditetapkan pihak panitia penyelenggara di Indonesia,”katanya.

Menurut Hikmah yang juga Ketua DPD PKS Sigi dan merupakan satu-satunya ketua DPD perempuan, menambahkan bahwa Abdullah Baari, perlu menunggu setahun untuk ikut seleksi ke Universitas Alahgaff yang direkomendasikan gurunya di pesantren.

“Akibat pandemi Covid 19 tahun 2020, pihak universitas tidak membuka beasiswa untuk mahasiswa asal Indonesia. Peluang untuk lanjut ke Universitas Alahgaff terbuka tahun 2021 ini. Alhamdulillah, ananda Abdul Baari mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus oleh panitia penyelenggara di Indonesia,”ungkapnya.

Menurut Hikmah, sesuai jadwal , rencananya batas pembayaran ke panitia pada 16 Oktober, kemudian berangkat ke Yaman pada 21 Oktober.

“Namanya Abdul Baari putra Bapak Zain, penyuluh agama di Kemenag Palu. Ibunya Humairoh yang punya usaha catering, namun lagi terhenti akibat bencana alam gempa dan liquifaksi di Balaroa yg menenggelamkan seisi rumahnya,”katanya. *WAN

Komentar

News Feed