oleh

BRI Pastikan Komitmen ESG Terintegrasi di Pegadaian dan PNM

-Ekonomi-dibaca 37 kali

SULTENG RAYA – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Sunarso, menyatakan, komitmen Environmental, Social dan Governance (ESG) atau lebih dikenal sebagai komitmen keberlanjutan dan tanggungjawab sosial lintas sektor, baik internal maupun eksternal, tertintegrasi dengan PNM dan Pegadaian sebagai anggota baru dalam BRI Grup.

“Yang perlu ditegaskan disini, BRI adalah grup, jadi hal-hal yang harus diintegrasikan berlaku ke semua. Visinya harus dirasakan seluruh anggota grup. Ada ketentua tata kelola terintegrasi, tata kelola konglomerasi keuangan, maka kemudian dalam konteks BRI adalah sebagai konglomerasi keuangan, dan kemudian dua anggota barunya adalah Pegadaian dan PNM itu juga masuk sebagai konglomerasi keuangan BRI yang baru, maka sudah barang tentu mengikuti tata kelola grup,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga :   Permintaan Daging Beku Bulog Tinggi

Selanjutnya, Sunarso mengatakan, komitmen BRI dalam penerapan keuangan berkelanjutan tersebut tercermin dari kinerja perseroan.

Hingga akhir Kuartal II 2021, BRI mencatat 64,5% dari total kredit atau sebesar Rp 588,6 Triliun merupakan portofolio berkelanjutan yang disalurkan kepada UMKM, kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan (renewable energy), clean transportation, green building dan lain-lain. Kemudian, pada sisi liabilities, Perseroan, pada tahun 2019, telah menerbitkan
Sustainability Bond.

Seluruh dana, kata dia, sejumlah 500 juta US dollar dari Sustainability Bond tersebut digunakan untuk kegiatan yang berwawasan sosial dan lingkungan.

Dari sisi operasional, BRI telah mengembangkan berbagai inisiatif digital dalam business process re-engineering dengan harapan mampu mendukung pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas dan emisi karbon.

Baca Juga :   Hormati Putusan MK, BPJS Ketenagakerjaan Fokus Perluasan Kepesertaan

Inisiatif digital dimaksud antara lain berbentuk BRISPOT (Digital Loan Underwriting App), BRImo (Mobile Internet Banking), BRISTARS (Digital Office), BRISMART (Digital E-Learning System), serta end-to-end digital loan apps seperti PINANG dan CERIA. RHT

Komentar

News Feed