oleh

Umat Hindu Ngaben Massal Pertama di Masa Pandemi Covid-19

-Kota Palu-dibaca 65 kali

SULTENG RAYA – Umat Hindu Kota Palu melaksanakan ngaben massal pertama kalinya selama pandemi Covid-19 di Pura Prajapati, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Jumat (8/10/2021).

Ketua panitia ngaben massal, Wayan Darmadi, menjelaskan, pelaksanaan pengabenan massal itu tidak hanya diperuntukkan bagi warga di Kota Palu, namun juga warga luar Palu seperti dari Kabupaten Morowali dan Kabupaten Parigi Moutong.

“Saat awal-awal pandemi, pelaksanaan pengabenan sangat dibatasi. Dengan diturunkannya PPKM menjadi level 2, pihak panitia penyelenggara memutuskan melaksanakan pengabenan massal. Jadi ini merupakan pengabenan massal pertama selama pandemi Covid-19,” ujar Wayan.

Pengabenan massal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Setiap peserta di cek suhu tubuh bahkan panitia menyiapkan swab antigen untuk peserta yang suhunya di atas normal serta setiap empat jam sekali para peserta diharuskan mengganti masker mereka dengan yang baru.

Baca Juga :   Pemprov Sulteng Percepat Pembangunan Jalur Lingkar Palu-Sigi-Palu

Wayan mengatakan, rangkaian pengabenan massal telah dilakukan sejak dua hari  lalu dan ini merupakan puncak kegiatan. Setelah itu akan dilanjutkan dengan melarung ke pantai.

“Semua yang diabenkan hari ini ada yang sudah cukup lama meninggalnya yaitu dua tahun silam dan ada juga yang meninggal beberapa bulan lalu. Jumlahnya ada 36, 19 di antaranya adalah orang dewasa, 11 kategori anak-anak dan enam lainnya kategori balita atau yang keguguran,” ujarnya. NDY

Komentar

News Feed