oleh

Pemda Donggala Rakor Penanganan Vaksinasi COVID-19

SULTENG RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Donggala melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka penanganan dan percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Donggala, Kamis (7/10/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, Muzakir Ladoali mengatakan, berdasarkan rekomendasi World Healt Organization (WHO) dan Indonesia Technikal Advisory Group on Immunizaton (ITAGI), bahwa pembentukan kekebalan kelompok (herd imunity) dapat tercapat dengan sasaran vaksinasi minimal sebesar 70 persen.

“Saat ini pencapaian vaksinasi COVID-19 dari seluruh kelompok sasaran pertanggal 5 Oktober 2021 mencapai 52.204 orang atau 24 persen untuk dosis satu, tujuh persen untuk dosis dua dan 34,8 persen untuk dosis tiga,” sebutnya.

Menurutnya, hasil tersebut merupakan hasil upaya semua pihak yang terkait termaksud dalam membuat komitmen Rencana Aksi Pelaksanaan Vaksinasi di masing-masing wilayah kecamatan. Meski demikian, upaya yang telah dilaksanakan tersebut masih belum maksimal dimana berdasarkan rencana aksi belum tercapai serta mengingat di akhir bulan Desember 2021 capaian vaksinasi dari seluruh tahapan minimal 70 persen dari target kelompok sasaran.

Baca Juga :   Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Sojol

“Tujuan Rakor ini untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan Pemerintah Kabupaten Donggala melalui OPD terkait, Kecamatan Desa/kelurahan, serta institusi aparatur TNI dan Polri. Melakukan evaluasi kegiatan pelaksanaan di lapangan, serta menghasilkan strategi dan upaya-upaya lain dalam rangka pengendalian pandemi dan percepatan vaksinasi COVID-19 merata di seluruh kecamtan dan desa, minimal 70 persen dari kelompok sasaran di akhir 2021,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah melalui Plt Sekretaris Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Mulyono mengapresiasi kepada Pemda Donggala dan juga turut bersyukur atas melandainya penyebaran kasus COVID-19 di Donggala, sehingga PPKM Kabupaten Donggala kini berada pada level dua.

Tentunya kata dia, dengan hasil ini akan sangat mempengaruhi terhadap laju pemulihan ekonomi daerah, bangkitnya kepercayaan publik dan dukungan terhadap program-program pemerintah dalam mengatasi COVID-19.

Baca Juga :   PERINGATI HUT KORPS BRIMOB POLRI KE-76, Brimob Sulteng Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis Bersama Baznas

“Namun demikian, keberhasilan ini jangan membuat kita terbuai karena sesungguhnya COVID-19 ini masih ada dan nyata ancamannya,” tegasnya.

Olehnya kata dia, kedisiplinan protokol kesehatan diharapkan jangan berkurang dan kendor, semua kalangan harus saling mengingatkan, saling menjaga dan bekerjasama agar tetap produktif dan aman bekerja serta semoga Sulawesi Tengah terhindar dari ancaman gelombang ketiga COVID-19.

Kegiatan Rakor dalam rangka penanganan dan percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Donggala ini dihadiri oleh seluruh camat, Kepala Desa, Lurah, Kapolsek se-Kabupaten Donggala, Danramil dan Kepala Puskesmas. ADK

Komentar

News Feed