oleh

DUKUNG KOTA PALU MERAIH ADIPURA 2023, Kelurahan Birobuli Utara Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

-Kota Palu-dibaca 49 kali

SULTENG RAYA – Dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk mewujudukan kota adipura, pihak Kelurahan Birobuli Utara melakukan progres rutin dengan istilah “Sabtu Bersih bersama”

Salah satu cara yang dilakukan pihak kelurahan yaitu dengan berkeliling di sekitaran wilayah yang termasuk dalam Kelurahan Birobuli Utara dan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan pekarangan, lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menyediakan tempat sampah di rumah masing-masing.

Kepala Kelurahan Birobuli Utara, Rini Suwarni mengatakan, dalam mendukung program adipura, upaya yang kami lakukan pihak kelurahan mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan kerja bakti bersama setiap sabtu dengan istilah “Sabtu Bersih”.

“Jadi, seluruh warga, pihak kelurahan dan tim satgas K5 dan tim  kebersihan di sini juga turut berpartisipasi melangsungkan kebersihan,” katanya kepada Sulteng Raya, Senin, (4/10/2021).

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Minta Bupati/Wali Kota Tingkatkan Sebaran Vaksin

Menurutnya, program adipura memiliki banyak manfaat buat masyarakat dan lingkungannya. Tentu hal tersebut dapat mendorong masyarakat agar berpartisipasi dengan aktif dan giat dalam melakukan kebersihan. Seiringan dengan hal itu, pihak dari Kelurahan Birobuli Utara juga menetapkan sanksi yang tegas bagi masyarakat yang melanggar atau membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Kami juga menyampaikan sanksi kepada masyarakat jika kedapatan melanggar atau membuang sampah sembarangan, dengan memberlakukan sanksi Perda No.3 Tahun 2018. Dengan denda mulai dari Rp250.000 sampai dengan Rp2.500.000. Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada masyarakat yang melanggar hal tersebut,” tegasnya.

Ia juga berharap, dengan adanya program Adipura ini, lingkungan di Kota Palu makin terjaga kebersihan dan penataannya juga makin meningkat, dibantu dengan kesadaran masyarakat agar tetap tergerak hatinya untuk selalu mementingkan kebersihan lingkungan. MG3

Komentar

News Feed