oleh

Musim Penghujan, BPBD Donggala Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Bencana

SULTENG RAYA Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir maupun tanah longsor.

“Kami mengimbau masyarakat agar selalu sigap untuk menghadapi musim penghujan di bulan Oktober, November dan Desember ini. Karena di musim penghujan ini, bencana banjir dan longsor sewaktu-waktu bisa terjadi,”ucap  Kepala BPBD Donggala, Akris Fattah Yunus, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, di bulan Oktober, November dan Desember, curah hujan dipastikan akan mengalami peningkatan.  Olehnya, masyarakat diminta untuk mengantisipasi hal tersebut, khususnya di daerah-daerah yang menjadi langganan terjadi banjir dan tanah longsor.

Baca Juga :   KPU Donggala Gandeng Ombudsman Perkuat Penerapan Pelayanan Publik

“Kami juga sudah menyampaikan kepada juru bencana di masing-masing desa, agar bekerjasama dengan kepala desa untuk menyampakan peringatan dini kepada masyarakat terkait kewaspadaan terhadap bencana, baik secara langsung maupun melalui rumah-rumah ibadah,”terangnya.

Menurut  Akris Fattah Yunus, ada sejumlah kecamatan yang menjadi langganan banjir, diantaranya Kecamatan Banawa Selatan, Banawa Tengah, Tanantovea, dan Sindue. Sementara daerah yang sering terjadi tanah longsor yaitu Desa Enu dan Kecamatan Balaesang Tanjung.

“Kami berharap agar masyarakat tidak perlu panik berlebihan dalam menghadapi musim penghujan ini, namun tetap meningkatkan kehati-hatian, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera melakukan tindakan penyelamatan diri,”katanya. ADK

Komentar

News Feed