oleh

Pemda Donggala Minta Media Tingkatkan Sinergi

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala melalui Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, Dee Lubis meminta agar media dapat meningkatkan sinergi dengan Pemda setempat dalam bentuk pemberitaan.

Hal itu disampaikanya dalam rapat yang dihadiri perwakilan media cetak dan elektronik di Donggala.

“Kami menyadari bahwa media merupakan mitra bagi pemerintah yang memiliki fungsi sebagai kontrol bagi jalannya roda pemerintahan. Tetapi, kami juga meminta agar media dapat mengedepankan prinsip keberimbangan dalam sebuah pemberitaan,” ucapnya.

Seperti yang sudah terjabarkan dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode etik jurnalistik. Dengan begitu, media juga diharapkan mampu melakukan sinergi dengan program-program Pemerintah Kabupaten Donggala.

Baca Juga :   Sisa Tujuh Orang Positif COVID-19 di Donggala

“Kami juga menyadari bahwa tidak semua pejabat di Donggala memahami proses kerja-kerja jurnalistik, sehingga terkadang terkesan alegri dan tidak mau menemui wartawan, akibatnya produk yang dihasilkan media terkadang tidak berimbang,” jelasnya.

Sementara, salah seorang jurnalis cetak harian Metro Sulawesi, Tamsir menjelaskan, Pemda Donggala harus lebih terbuka dalam memberikan informasi terhadap media, khsusnya ada beberapa kepala dinas yang sangat sulit untuk ditemui media.

“Akses informasi harus dibuka seluas-luasnya, baik jadwal program kerja dinas-dinas dan jadwal kunjungan pimpinan Pemerintah Kabupaten Donggala. Kami menilai Humas tidak pro aktif memberikan informasi terhadap kegiatan-kegiatan pimpinan, sehingga kami sangat kesulitan untuk mengetahui jadwal kegiatan-kegiatan Bupati, Wakil Bupati dan Sekkab,” jelasnya.

Baca Juga :   Vaksinasi di Donggala Sudah Capai 35,2 Persen

Oleh karena itu kata Tamsir, untuk meningkatkan sinergi, akses informasi harus dibuka secara luas dan kepala dinas juga kooperatif dalam memberikan informasi kepada jurnalis yang bekerja dalam mengumpulkan informasi. ADK

Komentar

News Feed