oleh

Akhir Bulan Ini, Penyaluran Dana Stimulan di Donggala Selesai

SULTENG RAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala optimis penyaluran dana stimulan rampung 100 persen di akhir Oktober 2021 ini.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Donggala, Akris Fatah kepada Sulteng Raya, Senin (4/9/2021).

“Saat ini penyaluran dana stimulan sudah mencapai 99,94 persen, tersisah 30 KK lagi yang belum tersalurkan dengan total anggaran yang tersisah di rekening Pemda sebesar Rp300 juta rupiah dari total bantuan perbaikan rumah itu sebesar Rp493 miliar lebih,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, ada sejumlah kendala yang terjadi sehingga 30 KK mengalami keterlambatan menerima dana stimulan. Salah satunya karena ada beberapa penerima itu sudah bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang sampai sekarang belum pulang.

“Ada juga yang datanya ganda, suami dan istri tercatat sebagai penerima stimulan, sehingga saat ini masih dalam proses perbaikan data. Jadi, suaminya sudah terdaftar, istrinya juga terdaftar dengan alamat dan KK yang berbeda, setelah kami verifikasi akhirnya ketahuan,” jelasnya.

Olehnya kata dia, masyarakat penerima manfaat juga harus pro aktif dalam menyelesaikan persoalan administratif ini, sehingga penyaluran dana stimulan bisa segera dirampungkan. “Target penyelesaianya itu, saya yakin akhir Oktober yang Rp300 juta ini bisa segera disalurkan. Total penerima stimulan di Kabupaten Donggala sebayak 24.017 KK, yang terdiri dari rusak berat sebanyak 4.416, rusak sedang sebanyak 5.123 dan rusak ringan sebanyak 1.447 KK,” sebutnya. ADK

Komentar

News Feed