oleh

Sulteng Masuk Provinsi Prioritas Percontohan Kerukunan Umat Beragama

-Kota Palu-dibaca 69 kali

SULTENG RAYA – Provinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu provinsi dari delapan provinsi lainnya yang menjadi provinsi prioritas percontohan kerukunan umat beragama.

“Hal ini tidak lain karena adanya praktik baik yang telah dilaksanakan oleh masyarakat dalam memelihara hubungan antar umat beragama di Provinsi Sulawesi Tengah. Inilah fakta mengapa menjadi penting, provinsi ini (Sulteng) dijadikan prioritas percontohan untuk tahun toleransi 2022, di mana Kementerian Agama adalah leading sektornya,” kata Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama Republik Indonesia, Mohammad Nuruzzaman, pada acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Moderasi Beragama dalam rangka persiapan tahun toleransi 2022, di salah satu hotel di Kota Palu, (4/10/2021).

Stafsus Mohammad Nuruzzaman, mengatakan, kegiatan FGD penting dilaksanakan untuk menjadi forum diskusi perwakilan antarumat beragama. Hasilnya, kata dia, akan dirumuskan sebagai upaya mewujudkan kehidupan keagamaan  lebih baik, khususnya di Sulteng dan di Indonesia pada umumnya.

Baca Juga :   MTsN 1 Palu Mulai PTMT dengan Prokes Covid-19 Ketat

Selain itu, kata dia, FGD merupakan langkah awal persiapan tahun toleransi yang akan dicanangkan Presiden Jokowi pada tahun 2022 mendatang.

Ia berharap, dalam FGD dapat dilaksanakan diskusi menggambarkan kondisi nyata umat beragama di Sulteng, sehingga menghasilkan buah pemikiran tentang sesuatu harus dilakukan masing-masing pihak dalam merealisasikan kehidupan keagamaan sesuai dengan diharapkan.

“Mari kita bersama menyiapkan tahun 2022 sebagai tahun toleransi dan bersama mewujudkan Indonesia sebagai Negara percontohan bagi Negara lain, yang tetap dapat hidup rukun dengan berbagai keragaman elemen bangsa yang ada,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, kunjunannya ke Kota Palu, Stafsus Mohammad Nuruzzaman bersama tim pendamping, terdiri dari Tim Ahli Moderasi Beragama, Direktur Densus 88 Mabes Polri dan perwakilan Pusat Kerukunan Umat Beragama. 

Baca Juga :   PENUHI PERMINTAAN MASYARAKAT, Pemkot Sanggupi Bangun Lapangan Sepak Bola di Kabonena

Pembukaan FGD dihadiri perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur TNI/Polri di Sulteng.HGA

Komentar

News Feed