oleh

Kasus Covid-19 Melandai, PPKM di Palu Turun ke Level II

-Kota Palu-dibaca 91 kali

SULTENG RAYA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Palu dan delapan kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah ditetapkan turun ke level II.

Kedelapan daerah itu, yakni Kabupaten Donggala, Toli-Toli, Morowali, Banggai Kepulauan (Bangkep), Parigi Moutong, Tojo Una Una, Sigi dan Kabupaten Morut.

Sementara itu, empat kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Banggai, Banggai Laut, Buol dan Kabupaten Poso juga ikut turun level ke level III.

Hal tersebut tertuang dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3,  Level 2 dan Level 1 serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid -19 di tingkat Desa, Kelurahan dan untuk pengendalian penyebaran Covid -19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Baca Juga :   PDUI Sulteng Akan Gelar Seminar dan Workshop PGP Extra

Turunnya level PPKM lantaran jumlah kasus Covid-19 di daerah tersebut terus melandai.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Masrtura, mengatakan, meski level PPKM di Kota Palu dan delapan daerah lainnya tersebut turun, namun ia berharap kepada seluruh elemen masyarakat di Sulteng agar tidak berpuas diri.

Selain itu, ia juga mendorong seluruh masyarakat yang belum divaksin ikut vaksin, demi mewujudkan hedr immunity alias kekebalan kelompok.

“Mari kita terus mematuhi protokol kesehatan, dengan cara selalu pakai masker, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan. Mari juga kita semua untuk ikut vaksinasi segera, Vaksin saat ini sudah terdistribusi dengan baik. Olehnya, masyarakat datang untuk segera menerima Vaksinasi. Ayo untuk divaksin,” kata Gubernur Rusdy.

Baca Juga :   MEWUJUDKAN KOTA TANGGAP ANCAMAN NARKOBA, BNN Donggala Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum

Selain itu, Gubernur Rusdy juga meminta kepada seluruh kepala daerah di Sulteng agar terus memaksimalkan sekolah tatap muka sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

“Saya juga harapkan seluruh kepala daerah terus melakukan penataan dan pembinaan untuk peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat dan kegiatan sosial masyarakat. Kemudian, efektivitas pelayanan Pemerintah kepada masyarakat, agar dipastikan berjalan dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan rasa syukur atas penurunan level PPKM ke level II di sembilan daerah di Sulteng.

“Ini semua atas kerja keras dan keseriusan bupati dan wali kota, Satgas Covid -19 , TNI dan Polri, DPRD, FOorkopimda , civitas akademik dan media yang terus melakukan penanganan Covid dengan baik, serta memberikan dukungan untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Terima kasih pula kepada masyarakat yang telah mematuhi dengan baik protokol kesehatan, sehingga penularan Covid di Sulawesi Tengah dapat kita tekan secara bersama dan kalaborasi baik dengan semua pihak,” tuturnya.HGA

Komentar

News Feed