oleh

Dinkes Palu ‘Kejar’ Target Vaksinasi Lansia

-Kota Palu-dibaca 68 kali

SULTENG RAYA – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terus mengupayakan vaksinasi kepada seluruh warga, guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, termasuk kepada para lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Denny Taufan, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengejar target vaksinasi para lansia.

“Target vaksinasi lansia itu 40 persen dan berdasarkan info terakhir yang saya terima baru mencapai sekitar 28,4 persen dan angka itu akan terus berubah. Sehingga masih menyisakan 12 persen untuk mencapai target kita,” ujar Denny kepada Sulteng Raya, Senin (4/10/2021).

Ia menjelaskan, upaya kejar target vaksin lansia karena hal itu merupakan salah satu kriteria untuk penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yakni harus mencapai 40 persen.

Baca Juga :   PROGRAM SELAMA PANDEMI COVID-19, Kesehatan Napi di Lapas Kelas II A Palu Rutin Dikontrol

Namun kata dia, Dinkes Palu mengalami hambatan dikarenakan lansia banyak yang tidak bisa divaksin akibat memiliki penyakit bawaan. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan peemtaan terkait hal tersebut.

“Upaya yang kami lakukan yakni memetakan lansia untuk mengetahui kerentanannya untuk vaksin karena penyakit bawaan. Lansia ada yang memiliki penyakit bawaan sehingga tidak bisa divaksinasi. Belum lagi ada yang saat akan divaksin tiba-tiba tekanan darah naik yang menyebabkan harus menunda sampai kondisi normal,” jelasnya.

“Upaya kita kedepan disamping tetap mengawal penurunan, kemudian juga melakukan upaya memisahkan lansia ini per kategorinya, bisa dan tidak bisa divaksin sehingga data kita tidak membebani persentase,” lanjutnya.

Baca Juga :   Besok, IA-ITB Vaksinasi di Lapangan Vatulemo

Denny berharap, kedepannya masyarakat terus menjaga protokol kesehatan Covid-19, melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan berpedoman pada instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 44 tahun 2021 dan diharapkan semua pihak dapat bersinergi untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Kota Palu. NDY

Komentar

News Feed