oleh

Ratusan Bibit Kemiri dan Trambesi Ditanam di Desa Labuan

SULTENG RAYA – Pemerintah Kecamatan Labuan bekerjasama dengan PT. Juyomi Sinar Labuan dan  PT. Lelea Sejahtera Mandiri (LSM) menanam ratusan bibit pohon kemiri dan trambesi di kawasan tambang PT. Juyomi Sinar Labuan, di sempadan Sungai Roto, Dusun Tarabu, Desa Labuan Lelea, Kabupaten Donggala.

Aksi hijau atau gerakan penghijauan itu, dilaksanakan di Desa Labuan Lelea, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu (2/10/2021).

Pemerintah Kecamatan Labuan diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Labuan, Ratman menyebutkan, dalam kegiatan itu dilakukan penanaman 100 bibit pohon kemiri dan 100 bibit pohon trambesi. Rencananya, pihak perusahaan akan menurunkan 500 bibit pohon kemiri, trambesi dan bibit pohon mahoni.

Sebelumnya, pada tahun 2018, pihak perusahaan dan Pemerintah Kecamatan Labuan juga menggelar kegiatan yang sama seperti aksi hijau. Namun, bibit yang ditanam tidak tumbuh dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan.

“Kegiatan seperti ini juga pernah dilaksanakan pada tahun 2018. Namun, pohon yang ditanam tidak berhasil tumbuh, karena musim kemarau yang berkepanjangan. Jadi, kami memilih untuk melaksanakannya di akhir tahun seperti ini karena bulan Desember nanti diperkirakan akan musim hujan,” katanya didampingi Kepala Desa Labuan Lelea, Arifin dan sejumlah Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) yang tengah melangsungkan kegiatan Bina Warga di Desa Labuan Lelea yang pada kesempatan itu juga ikut berpartisipasi dalam aksi penghijauan.

Seiringan dengan aksi hijau ini, pihak perusahaan dan Pemerintah setempat berharap kawasan tersebut dijadikan kawasan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang mampu berjalan beriringan dengan upaya konservasi untuk melestarikan dan melindungi alam. MG3

Komentar

News Feed