oleh

Kemendikbudristek Akan Kirim Tim Robotik Terbaikke Ajang Internasional

-Pendidikan-dibaca 106 kali

SULTENG RAYA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), akan mengirim juara pertama pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021, untuk mewakili Indonesia, dalam ajang Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon pada Desember 2021, secara daring di Jimo, China.

ABU Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan, yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Sedangkan KRAI merupakan salah satu divisi yang ada pada Kontes Robot Indonesia (KRI).

“Kemendikbudristek sedang mencoba untuk mengelaborasi bagaimana supaya nanti karya-karya terbaik, dari robot ciptaan dan kreasi dari adik-adik mahasiswa kita, untuk bisa mewakili Indonesia pada ajang dengan level yang lebih tinggi,” ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, Jakarta, Kamis (30/9/21).

Baca Juga :   JAUHKAN KAMPUS DARI PEMAHAMAN KIRI, FAI Unismuh Tekankan Mahasiswa Ikut Organisasi Kampus

Ia juga mengatakan, KRI merupakan kompetisi yang diselenggarakan untuk mendorong kreativitas mahasiswa dalam bidang teknologi robotika dan kecerdasan buatan.

Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, Asep Sukmayadi berharap mahasiswa Indonesia dapat terus berkreasi dan berinovasi, khususnya di bidang robotika. “Walaupun di tengah pandemi, KRI diharapkan mampu memberi warna bagi mahasiswa dan menginspirasi,” tuturnya.

Tak hanya berhenti di kompetisi robot saja, ia berharap para mahasiswa dapat terus berkreasi dan memberikan sumbangan pemikiran dan solusi terhadap berbagai persoalan bangsa.

KRI 2021, tingkat wilayah I dan II,  telah sukses dilaksanakan secara daring pada akhir September 2021, dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggara, dan mempertandingkan enam divisi lomba yaitu KRAI, Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Baca Juga :   MAN IC Palu Kembali Rebut Juara 1 COMIC’ Tadulako

Salah satu juri divisi KRAI,  Djoko Purwanto, mengatakan tahun ini terdapat 19 tim KRAI, dari perguruan tinggi yang lolos ke tingkat nasional, dan akan dipilih dua tim terbaik, untukmewakili Indonesia di ajang ABU Robocon 202, yang mengangkat tema “Throwing Arrows into Pots” di mana setiap robot diminta melemparkan anak panah ke sebuah pot.

“Saya yakin setiap tim akan berusaha untuk mendapatkan skor tertinggi, siapa yang melempar anak panah dengan akurasi baik, itulah pemenangnya,” katanya. */MG2

Komentar

News Feed