oleh

HDKD, Momentum Kemenkumham Tingkatkan Pelayanan Publik

-Hukum-dibaca 53 kali

SULTENG RAYA – Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, mengatakan, peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2021 Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), harus menjadi momentum menunjukkan eksistensi Kemenkumham, khususnya di bidang pelayanan publik.

“Tunjukkan eksistensi Kemenkumham di bidang pelayanan public, sehingga dapat meningkatkan citra positif Kemenkumham di masyarakat yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif),” kata Yasonna H Laoly, Jumat (1/10/2021).

Demi mewujudkan harapan tersebut, Yasonna menekankan beberapa hal kepada jajaran Kemenkumham, yaitu jajaran Kemenkumham  senantiasa  melakukan  pembenahan  secara  komprehensif  menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat semakin kompleks.

“Pembenahan tersebut termasuk dalam kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada pegawai Kemenkumham untuk membuat keputusan tepat dan akurat. Keputusan diambil harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, harus menjunjung tinggi norma/etika sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN), serta mempertimbangkan norma/martabat masyarakat.

Sehubungan dengan pelayanan publik, para jajaran Kemenkumham juga diharuskan melayani masyarakat secara baik dan ramah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sehingga, sesuai dengan tema  peringatan  HDKD  2021  adalah  ‘Semakin  PASTI’ harapannya  bisa menjadi  landasan Kemenkumham dalam melaksanakan tugas di tengah-tengah masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan ungkapan syukur serta menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, rangkaian peringatan HDKD 2021 dimulai pada Jumat (1/10/2021) dengan pelaksanaan doa Kumham untuk Negeri dirangkaikan dengan Pembukaan HDKD.

Peringatan HDKD dilanjutkan dengan berbagai kegiatan, seperti seminar atau lokakarya, bakti sosial dan pelayanan publik, sport game dan skill challenge, ziarah dan tabur bunga hingga puncak peringatan HDKD pada 30 Oktober 2021.*/ULU

Komentar

News Feed