oleh

Balai Diklat KLHK-BP2SDM KLHK Tingkatkan Kapasitas KTH

-Kab. Sigi-dibaca 1.197 kali

SULTENG RAYA – Balai Diklat KLHK Makassar dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2SDM-KLHK) menyelenggarakan Pelatihan Proyek Forest Investmen Program (FIP) II di Sulawesi Tengah kepada sejumlah Kelompok Tani Hutan (KTH) di lingkup Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi Kabupaten Sigi dan KPH Dolago selama lima hari, yakni Senin (27/9/2021) sampai Jumat (1/10/2021).

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas sekaligus sebagai sarana pertukaran pengetahuan dan penguatan kapasitas  SDM terkait operasionalisasi KPH, antara para pihak stekholder telah berbuat di sekitar kawasan hutan dan di luar kawasan hutan.

Di lingkup KPH Kulawi, sebanyak dua kelompok KTH  diberikan pelatihan peningkatan kapasitas, yakni KTH Singgani Pura dengan pelatihan peningkatan kapasitas KTH dan responsif gender.

Sebanyak 50 orang peserta hadir dalam giat tersebut dengan mendapuk pemateri, Yusuf Lilling dan Busranuddin Daeng Masserang.

Hal yang sama juga dilakukan kepada KTH Madu Nabelo, dengan melibatkan sebanyak 50 peserta dengan menghadirkan pemateri yakni  Arif dan Nuhra.

Sedangkan untuk KPH Dolago Tanggunu, diberikan pelatihan pengelolaan aren. Diberikan kepada KTH Alam Lestari Desa Lende dengan pemateri  Heriani, dan Gufran.

Selanjutnya, pelatihan peningkatan kapasitas dengan materi Responsif Gender dan SIG Berbasis Ponsel, pihak Balai Diklat dan BP2SDM-KLHK melakukan edukasi kepada KTH Tananta Desa Bale, KTH Kungguma Membangun Desa Labuan Kungguma, KTH Topo Talua Desa Labuan Toposo, KTH Maju Bersama Desa Saloya, KTH Sinar Baru Desa Taripa, KTH Uyu Singgani Desa Sigimpu dan KTH Amal Lestari Desa Ape Maliko dengan mempercayakan pemateri  kepada  Moh Ridwan, Zulkifli, Junaidi dan Yudi Rahman.*/RHT

Komentar

News Feed