oleh

Wujudkan Pemdes Bersih Melalui ‘SISKEUDES’

-Kab. Banggai-dibaca 88 kali

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin membuka acara bimbingan teknis aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) yang mengangkat tema Bagi Aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Kita Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Desa  yang Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan Disiplin Anggaran di Kabupaten Banggai, Senin (27/9/2021) di salah satu hotel di Luwuk.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Banggai, Amin Jumail mengatakan, tujuan dari pelaksanaan ini yaitu memberikan pemahaman yang baik kepada Pemerintah Desa mulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa dengan menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

“Tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas dan kualitas  Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, transparan dan akuntabel,” katanya.

Baca Juga :   DIDUGA GELAPKAN UANG RATUSAN JUTA, Polisi Tangkap Seorang Pria di Toili Barat

Menurut Tubagus Syahputra, aplikasi Sistem Keuangan Desa ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP serta Kementerian Dalam Negeri, aplikasi ini sangat dibutuhkan karena anggaran yang dikelola oleh desa semakin tahun semakin meningkat,  selanjutnya untuk penggunaan inplementasi aplikasi ini tentu harus ada komitmen baik dari Pemerintah Daerah maupun pemerintah desa.

Sementara, Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutannya menyampaikan, meskipun masih dalam kondisi Pandemi COVID-19 kegiatan ini tetap harus dilaksanakan dan tentunya dengan menerapkan protokol Kesehatan dan sifatnya sangat terbatas.

“Alhamdulillah Perkembangan COVID-19 ini sudah menurun dan sudah berada pada level 3, namun ada beberapa indikator yang berdasarkan standar Kementerian Kesehatan belum bisa kita penuhi, yaitu indikator tingkat vaksinasi masih sedikit,” ujarnya.

Baca Juga :   Polsek Toili Salurkan Sembako ke Warga Tidak Mampu

Bupati Amirudin meminta, agar peserta Bimtek mengikuti kegiatan tersebut dengan serius. “Alhamdulilah saya bersyukur kegiatan ini bisa dilaksanakan, karena tingkat pengetahuan sistem pelaporan keuangan di desa masih sangat minim, oleh sebab itu para peserta bimtek untuk serius dan benar-benar fokus mengikuti kegiatan ini,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Amir meminta agar para peserta pelatihan ini diberikan setifikat guna menjadi pegangan bagi operator yang sudah terlatih. “Kalau bisa pesertanya punya sertifikat, sehingga para Kepala Desa dapat memberi perhatian kepada para petugas yang sudah terlatih agar jangan diganti dengan oarng lain. Karena mereka inilah yang sudah memahami aplikasi Siskeudes ini dan akan menginplementasikan dalam kegiatan pelaporan sistem keuangan desa, karna sistem keuangan ini sangat relefan dengan perkembangan saat ini,” terangnya.

Baca Juga :   Polsek Kintom Pantau PTM di Sejumlah Sekolah

“Kalau bisa kita sudah bisa menggunakan website dan harapan saya kedepan jangan hanya laporan keuangan saja, akan tetapi laporan jumlah penduduk, jumlah angka kelahiran, jumlah kematian, serta jumlah potensi desa. Saya harap semua sudah tergambar dalam website,” tambahnya.

Menurutnya, Kabupaten Banggai ini akan maju kalau kita benahi dari desa sampai dengan ke kecamatan. “Dengan sistem keuangannya yang maju Insya Allah lainnya akan termotivasi. Jangan sampai kita tertinggal dengan daerah lainnya. Oleh sebab itu mudah-mudahan kegiatan ini betul betul dapat diikuti dengan baik dan dapat diaplikasikan saat melaksanakan tugas dalam pelaporan sistem keuangan desa,” tuturnya. */REY

Komentar

News Feed