oleh

UPT LABDAS UNTAD, Laksanakan Pelatihan Khusus Bagi Asisten Laboratorium

-Pendidikan-dibaca 96 kali

SULTENG RAYA- Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Dasar (UPT Labdas) Universitas Tadulako (Untad) telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Asisten Laboratorium dengan tema “Asisten Cerdas Melalui Peningkatan Keterampilan Dasar dan Penguasaan  Laboratorium”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring (via apalikasi zoom meeting) dan secara luring yang bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad, Rabu (29/9/2021).

Wakil Rektor Bidang Akademik,  Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum, dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa yang menjadi asisten adalah mereka yang pasti memiliki kapasitas.

“Terima kasih kepada pihak UPT Labdas, karena sudah menginisiasi, saya bangga bisa bertemu dengan para mahasiswa yang jadi asisten laboratorium. Sebab mereka yang menjadi asisten ini tentu adalah mahasiswa-mahasiswa pilihan yang memiliki kapasitas,” ujarnya.

Baca Juga :   MENDIKBUD TUGASKAN 265 DOSEN JADI DUTA KAMPUS MERDEKA, Saatnya Akselerasi Kampus Merdeka dari Dosen untuk Dosen

Lebih lanjut, Ia berharap agar asisten laboratorium mampu bekerja dengan baik dan menjunjung profesionalisme. “Jadilah mediator atau fasilitator yang bisa membuat adik-adik mahasiswa itu merasa nyaman dengan keberadaan kalian dalam membimbing mereka saat melakukan praktik di laboratorium, ” harap Dr Lukman.

Ketua Panitia, Dr. Ratman, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa pelatihan tersebut digelar guna melahirkan para asisten laboratorium yang mampu mengayomi para mahasiswa.

“Di samping untuk mempersiapkan ketersediaan asisten, kegiatan pelatihan ini juga digelar guna melahirkan asisten yang tidak hanya menguasai keterampilan laboratorium saja, akan tetapi pandai berkomunikasi dengan adik-adik yang nanti melakukan praktik di lab. Harapannya, mereka bisa menjadi asisten yang patuh dengan etika laboratorium serta mampu menjadi asisten yang baik dalam mengayomi dan membina adik-adik mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik di laboratorium,” jelas Dr Ratman.

Baca Juga :   Mendikbud ungkap Pentingnya Teknologi di Dunia Pendidikan

Dr. Asri Pirade Paserang, S.Si., M.Si., selaku Kepala UPT. Labdas menuturkan  bahwa asisten laboratorium itu sangat dibutuhkan untuk membantu para mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum.

“Untuk memahami suatu bidang ilmu apalagi yang eksakta seperti fisika, biologi dan kimia, mahasiswa musti membarenginya dengan kegiatan praktik. Praktiknya tentu dilaksanakan di laboratorium masing-masing. Untuk menjalankan praktik itu, para mahasiswa harus ditemani dan dibimbing oleh asisten laboratorium yang telah dibekali seperti pelatihan yang saat ini kita lakukan supaya praktiknya berjalan baik,” tuturnya. */ENG

Komentar

News Feed