oleh

1 November, UIN Datokarama Palu Kembali Terapkan PTM

-Pendidikan-dibaca 90 kali

SULTENG RAYA- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, memutuskan tanggal 1 November 2021 akan kembali menerapkan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) di dalam kampus setelah melakukan rapat evaluasi bersama unsur pimpinan tingkat universitas dan fakultas, serta Lembaga Penjaminan Mutu.

Keputusan menetapkan 1 November tersebut untuk memberikan waktu satu bulan bagi mahasiswa mempersiapkan diri kuliah kembali di dalam kampus, terlebih bagi mereka yang berasal dari daerah, memerlukan  waktu ke kota menyiapkan tempat tinggal dan sebagainya.

“Terutama bagi mereka yang saat ini masih duduk di semester I dan III yang sama sekali belum perna melakukan perkuliahan tatap muka di dalam kampus, tentu begitu juga terkait tempat tinggal mereka di dalam Kota Palu, butuh persiapan dan sebagainya, sehingga tepat kita mengambil waktu 1 November itu memulai PTM kembali di dalam kampus,”jelas Wakil Rektor UIN Datokaram Palu Bidang Akademik dan Pengembangan, Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag., M.Ag.  Kamis (30/9/2021).

Baca Juga :   3 Tim Robotech Tadulako Lolos KRI 2021 Tingkat Nasional

Saat ini katanya, dirinya tengah menyusun pedoman PTM di masa Pandemi Covid-19 PPKM Level II. Karena meskipun PTM kembali diterapkan di dalam kampus, namun PTM kali ini jauh berbeda kondisinya dengan PTM di tahun-tahun sebelumnya di saat belum adanya pandemi Covid-19.

PTM kali ini harus bisa memperhatikan banyak hal, minimal dalam penerapan PTM di dalam kampus harus tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya yang hadir di dalam ruangan hanya 50 persen dari jumlah populasi mahasiswa, serta yang sudah mengikuti vaksinasi minimal dosisi pertama, berlaku baik dosen maupun mahasiswa.

Begitu juga katanya, setiap ruangan harus tersedia alat cuci tangan atau Hand sanitizer, dan sebelum masuk ruangan harus melewati pengukuran suhu tubuh.  Termasuk mahasiswa yang mengikuti PTM di dalam kampus mengantongi izin dari orang tua.

Baca Juga :   Mahasiswi UIN Palu Terbaik Dua Lomba Kaligrafi Nasional

Sementara bagi mahasiswa yang lain yang tidak mengikuti PTM di dalam kampus, tetap bisa mengikuti proses perkuliahan secara daring atau online sebagaimana selama ini berjalan. “Jadi yang tidak hadir di dalam kampus, tidak perlu merasa khawatir. Karena tetap mendapatkan pelayanan perkuliahan, namun tetap secara daring atau online,”jelas Prof Abidin.

Untuk itu katanya, bagi mahasiswa yang saat ini masih berada di daerah atau di kampungnya masing-masing, sudah bisa bersiap diri kembali ke Kota Palu, bersiap kembali menjalani proses perkuliahan di dalam kampus, sekalipun secara bertahap, seiring dengan berakhirnya masa pandemi Covid-19. ENG

Komentar

News Feed