oleh

45 Peserta Didik MAN IC Ikut ANBK

-Pendidikan-dibaca 138 kali

SULTENG RAYA- Sebanyak 45 peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) palu telah mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), salama dua hari, Rabu dan Kamis (29-30/9/2021).

Dimana sebelumnya telah disiapkan sebanyak 50 orang peserta didik, lima diantaranya sebagai cadangan mengantisipasi ada peserta didik yang tidak hadir, sehingga peserta didik cadangan yang akan mengisi.

Selain kegiatan Asesmen Nasional yang diikuti oleh peserta didik, juga dilaksanakan kegiatan “Survey Lingkungan Belajar” yang menjadi salah satu komponen dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021.

Di dalam pelaksanaaannya, Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh kepala madrasah dan tenaga pendidik yang terdata di Dapodik. Kegiatan pengisian tersebut dilaksanakan untuk mengumpulkan informasi terkait input, proses dan lingkungan belajar yang bertujuan mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Baca Juga :   Civitas Akademik UIN Palu Gunakan Sarung Saat Upacara Hari Santri

“Asesmen Nasional sendiri merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan,”ujar Humas MAN IC Palu, Muh Sidik. Kamis (30/9/2021).

Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Menghasilkan informasi untuk memantau  perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan  kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan, misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Baca Juga :   Wali Kota Palu Resmikan Musala di SMPN 4 Palu

“Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan lembaga terkait lainnya untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran,”ujar Sidik.ENG

Komentar

News Feed