oleh

Dinas PMD Touna Verifikasi Dokumen Rancangan APBdes Tahun 2022

SULTENG RAYA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tojo Una-una (Touna) melakukan verifikasi dokumen Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (R-APBDES) Tahun 2022.

Kegiatan verifikasi ini diikuti Kepala Desa, BPD, dan Sekretaris Desa serta Kaur Keuangan dan Pembangunan Desa se-Kabupaten Tojo Una-una, selama tiga hari, 27-29 September 2021.

Kadis PMD Touna, Mohamad Isa Ashar Latimumu melalui Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, Yoana Chendrakasih Sandagang menuturkan, verifikasi dokumen ini untuk dijadikan pedoman bagi desa untuk menyusung anggaran APBDes.

“Setelah itu, dokumen ini akan disahkan oleh Kepala Desa dan BPD untuk selanjutnya menjadi dokumen APBDes pada tahun 2022 mendatang,”ungkap Yoana Chendrakasih Sandagang di ruang kerjanya, Kamis (30/9/2021).

Dikatakannya, verifikasi ini merupakan sebuah wadah untuk bisa melakukan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan desa pada tahun-tahun mendatang. Kekurangan yang ada bisa dicarikan solusi agar kedepan tidak lagi terjadi hal serupa. Pengelolaan keuangan desa ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

“Paling tidak kedepan, pengelolaan keuangan desa bisa lebih tertib anggarannya, baik dari sisi fisik maupun administrasi ,”ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap, setelah dokumen selesai dibahas dan disahkan oleh para kepala desa, agar selalu memperhatikan dan mengikuti prosedur yang berlaku terkait dengan pengelolaan keuangan desa sampai tahap pertanggungjawabannya.

“Harapan kami, pengelolaan keuangan desa ini nantinya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengangkat potensi desa ,”ujar Yoana Chendrakasih.

Adapun tim yang melakukan Asistensi R-APBDes itu, diantaranya Inspektorat Daerah, Pendamping Desa dan Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Dinas PMD Touna. BD

Komentar

News Feed