oleh

Disdukcapil Parmout Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan

SULTENG RAYA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan tahun 2021 di kantor Bupati setempat, Senin (27/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Parmout, H. Badrun Nggai, SE.

Kepala Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil Dinas Dukcapil Parmout, Drs. Magruf dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah guna terwujudnya koordinasi dan sinergi antara Dinas Dukcapil dengan dinas terkait serta masyarakat tentang kebijakan adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Sedangkan target yang ingin dicapai dalam kegiatan itu kata Magruf, adalah tercapainya kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta terwujudnya masyarakat tertib arsip kependudukan.

Baca Juga :   Kejari Parmout Lakukan Restorative Justice Tiga Perkara Pidana

“Peserta sosialisasi ini adalah perwakilan  OPD terkait, para camat, kepala rumah sakit dan para kepala puskesmas se-Kabupaten Parigi Moutong,” ujarnya.

Sementara, Wabup Parmout, Badrun Nggai dalam sambutannya mengapresiasi, Disdukcapil yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya, sosialisasi itu merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk pencatatan sipil dalam pengelolaan adminitrasi kependudukan.

“Saya berharap sosialisasi ini selain dapat meningkatkan kepemahaman akan pentingnya adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil juga memberikan pemahaman akan dampak pada tertibnya administrasi kependudukan untuk mengatasi permasalahan kependudukan,” ujar Wabup.

“Kegiatan ini harus berjalan dengan baik serta bekerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku agar kedepan dalam pengelolaan dan pelayanan administrasi tidak ada lagi kesalahan baik dari pihak dinas maupun dari masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga :   Pemda Parmout Gelar Pelatihan KHA untuk Percepatan KLA

Wabup juga berpesan, kepada kepala OPD agar segala sesuatu yang bersentuhan dengan bantuan kepada masyarakat  berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil sehingga tidak ada lagi bantuan yang salah sasaran.

Wabup juga meminta, kepada Kepala Disdukcapil merapikan kembali data kependudukan yang valid guna persiapan pemilihan umum serentak pada tahun 2024, dan bagi kepala rumah sakit dan puskesmas agar berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memberikan surat keterangan lahir dan keterangan meninggal yang dibutuhkan.

Turut hadir pada kegiatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Lewis dan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Agus Sujono SH.MSi. */AJI

Komentar

News Feed