oleh

Pendapatan Daerah Parmout Tahun 2021 Turun Rp41 Miliar Lebih

SULTENG RAYA – Pendapatan Daerah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) tahun 2021 menurun signifikan.  Berdasarkan laporan  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Parmout yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Parmout, Alfretz Tonggiroh, perubahan pendapatan daerah Kabupaten Parmout mengalami penurunan sebesar Rp41,945 miliar lebih dari total pendapatan daerah yang diperkirakan sebesar Rp1,469 triliun lebih.

“Penurunan tersebut terjadi diantaranya karena adanya kebijakan pembatasan sosial yang secara tidak langsung berdampak pada aktivitas ekonomi yang menjadi sumber pajak maupun retribusi daerah,”ujar Alfretz saat menyampaikan laporan Banggar terhadap hasil pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Parmout tahun 2021 pada rapat paripurna di gedung DPRD Parmout, Senin sore (27/9/2021).

Sementara itu, terkait belanja daerah kata Alfretz, kebijakan yang diambil untuk memprioritaskan ketersediaan dana untuk penanganan pandemi Covid-19  sehingga perubahan pada sisi belanja daerah Rp1,557 triliun lebih mengalami kenaikan sebesar Rp60,352 miliar lebih.

Baca Juga :   DIREKTUR PSD KEMENDIKBUD RISTEK, Apresiasi Rembuk Pendidikan di Parmout

Lanjut Alfretz, untuk perubahan anggaran pembiayaan daerah menyesuaikan dengan laporan realisasi APBD tahun 2021 yang telah diaudit oleh BPK sehingga perubahan penerimaan pembiayaan daerah diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar Rp72,509 juta lebih yang bersumber dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp89,789 miliar lebih. Sedangkan untuk pengeluaran pembiayaan daerah kata Alfretz sebesar Rp1,4 miliar.

“Demikianlah laporan Badan Anggaran mengenai Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2021, semoga mendapat persetujuan dari paripurna yang terhormat ini untuk dilanjutkan pada tahapan selanjutnya yaitu evaluasi pada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah,”pungkasnya.

Setelah mendapat persetujuan dari peserta rapat paripurna, APBD Perubahan tahun 2021 tersebut akhirnya disahkan untuk selanjutnya akan dievaluasi oleh Gubernur Sulteng. Pengesahan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Wakil Bupati (Wabup) Parmout, Badrun Nggai mewakili eksekutif dan yang mewakili legislatif ditandatangani oleh Wakil Ketua DPRD Parmout, Faisan serta Alfretz Tonggiroh.

Baca Juga :   DIREKTUR PSD KEMENDIKBUD RISTEK, Apresiasi Rembuk Pendidikan di Parmout

Sementara itu Wabup Parmout, Badrun Nggai dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak DPRD Parmout khususnya Banggar yang sudah bekerja membahas APBD Perubahan tahun 2021 tersebut dengan pihak eksekutif. Dia berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan baik itu terus dipertahankan. AJI 

Komentar

News Feed