oleh

Kamad dan 34 Tenaga Pendidik MAN IC Palu Ikut Asesmen Nasional

-Pendidikan-dibaca 212 kali

SULTENG RAYA-Kepala Madrasah (Kamad) Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) Palu beserta 34 tenaga pendidiknya mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kemarin, Selasa (28/9/2021).

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah agar menghasilkan informasi untuk memantau  perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan  kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan.

Seperti kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.

Kepala MAN IC Palu Soim Anwar mengatakan, kualitas sekolah atau madrasah tidak cukup hanya dengan menilai peserta didik. Kini, tenaga pendidik juga diwajibkan mengikuti asesmen. Hal ini untuk mengukur sejauh mana sinkronisasi antara hasil survei peserta didik dan hasil survei tenaga pendidik. “untuk itu, kini semua tenaga pendidik dan kepala sekolah di satuan lembaga pendidikan negeri dan swasta wajib mengikuti asesmen tersebut ini,”ujar Kamad.

Baca Juga :   Mendikbud ungkap Pentingnya Teknologi di Dunia Pendidikan

Sementara itu, Humas MAN IC Palu, Sidik, mengatakan hari ini (Rabu, 29/9/2021) giliran peserta didiknya sebanyak 50 orang yang terpilih mengikuti asesmen nasional ini.

Katanya, kedua-duanya yakni peserta didik dan tenaga pendidik diasesmen nasional untuk mengukur atau memetakan tingkat keberhasilan suatu madrasah.“Asesmen untuk guru dan ada asesmen untuk siswa sama-sama mengukur atau memetakan tingkat keberhasilan suatu madrasah atau sekolah,”ujar Sidik. ENG

Komentar

News Feed