oleh

Bupati Banggai Lepas Kontingen Utsawa Dharma Gita

-Kab. Banggai-dibaca 167 kali

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin didampingi Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri acara Pelepasan Kontingen Utsawa  Dharma Gita Tingkat Nasional Tahun 2021, Ahad (26/9/2021).

Kegiatan Utsawa Dharma Gita atau Lomba Pembacaan Kitab Suci Agama Hindu, seperti halnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), maupun Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani), merupakan ajang dimana umat diajak memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya, melalui senandung bait-bait suci yang merdu dan syahdu.

Seperti diketahui, Utsawa Dharma Gita merupakan salah satu metode pembinaan yang sering disebut Sad Dharma (dharma gita, dharma tula, dharma wacana, dharma yatra, dharma sadhana dan dharma santi). Dharma gita sangat mendukung sekali terhadap pengembangan budaya yang digali dari Susatra Weda.

Baca Juga :   Intensifkan Patroli di Masa Tenang Pilkades Serentak

Kegiatan ini juga terbukti mampu mengaplikasikan bentuk seni membaca kitab suci Hindu yang tersimpan dalam susastra Hindu yang adiluhung. Hal ini sangat mendukung pengembangan seni budaya secara umum.

Dalam sambutannya, pada pelepesan Kontingan Utsawa Dharma Gita, Bupati Banggai H. Amirudin menyampaikan pujian dan apresiasi yang tinggi kepada Lembaga Pengembangan Dharma Gita Kabupaten Banggai. “Saya menyampaikan apresiasi kepada lembaga ini, yang sudah mengikutsertakan kidung daerah keagamaan bernuansa Hindu yang diwakili oleh putra putri terpilih Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Menurut Bupati Banggai, nilai-nilai agama Hindu yang tersimpan dalam kitab-kitab susastra agama Hindu, yang perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya, seni yang dimaksud disini adalah Dharma Gita. Dharma Gita sebagai nyanyian suci.

Baca Juga :   Massa Aksi Diberi Masker

Bupati juga mengajak, seluruh komponen masyarakat untuk mendukung serta turut mendoakan kontingen Utsawa Dharma Gita Banggai, agar mereka mampu tampil maksimal memberikan yang terbaik untuk memuliakan Tuhan, dan menjadi kebanggaan Daerah Banggai tercinta.

“Ini merupakan harapan kita bersama, untuk membangun masyarakat Sulawesi Tengah Khususnya Kabupaten Banggai yang memiliki akhlak, budi pekerti dan moral yang berkualitas, melalui pengamalan ajaran agamanya masing-masing, dan akan berdampak secara signifikan bagi kepentingan pembangunan daerah ini di segala sektor, karena keunggulan dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki,” kata H. Amir.

“Untuk semua teman-teman harus selalu diingat ketika disana berkunjung di tempat- tempat umum seperti restoran tolong selalu jaga diri, pake masker, selalu cuci tangan terapkan protokol kesehatan. Saya berharap kontingen yang akan kesana jangan sampai tertular COVID-19, agar saat kembali kesini dalam keadaan sehat walafiat,” tambahnya.

Baca Juga :   TNI-Polri di Lamala Kawal Kampanye Pilkades 2021

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, harapan pemerintah, menurut informasi selama dua tahun berturut-turut kita mampu menyabet juara umum, mudah-mudahan kontingen kali ini dapat menjadi juara umum seperti tahun-tahun sebelumnya. 

“Nanti jika ada hal-hal atau kekurangan tolong sampaikan kepada kami, agar kontingen ini terbantu dan tidak terbebani sehingga bisa konsentrasi pada lomba nanti, dan untuk para peserta harus konsentrasi dengan apa yang sudah menjadi pegangan dari para guru agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” jelas H. Amir. */REY

Komentar

News Feed