oleh

FAI Unismuh Palu Bakal Terapkan Lingkungan Bebas Asap Rokok

-Pendidikan-dibaca 86 kali

SULTENG RAYA- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, bakal menjadi fakultas pertama di kampus biru menerapkan lingkungan bebas asap rokok, setelah sebelumnya rektorat.

Hal itu disampaikan oleh Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd pada pengajian rutin bulanan di Mushallah Bundar FAI, Senin (27/9/2021).

Katanya, itu adalah bentuk komitmen yang harus dijalankan semua warga fakultas ini, bahkan jika ada staf, dosen, maupun mahasiswa yang kedapatan merokok di lingkungan fakultas akan dikenakan denda, begitu juga saat membawa teman dan temannya kedapatan merekok di lingkungan fakultas maka staf, dosen, atau mahasiswa bersangkutan yang akan dinai sanksi berupa denda.

Baca Juga :   MENDIKBUD TUGASKAN 265 DOSEN JADI DUTA KAMPUS MERDEKA, Saatnya Akselerasi Kampus Merdeka dari Dosen untuk Dosen

“Kita akan segera rapatkan, termasuk mengatur besaran saksinya, FAI akan menjadi fakultas pertama yang menerapkan ini setelah rektorat,”ujar dekan.

Hal itu kata dekan, selain sejalan dengan komitmen yang dibangun oleh rektor juga sejalan dengan Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 6/SM/MTT/III/2010 tentang Hukum Merokok, dimana dalam fatwa itu telah mengharamkan rokok.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP2AIK) Unismuh Palu,  Ilyas Padduntu, S. Ag., M.PdI, sangat mengapresiasi apa yang telah dicetuskan oleh Dekan FAI.

Katanya, sebagai Fakultas Agama Islam, sangat wajar jika menjadi fakultas terdepan dalam mengimplementasikan komitmen rektor dan Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang hukum rokok itu.

Baca Juga :   Pelaksanaan PTMT SMPN 1 Palu Terapkan Blended Learning

Jika nantinya kata Ilyas, FAI sudah menerapkan itu maka dipastikan fakultas-fakultas lainnya akan menyusul dan pada akhirnya kampus ini secara bertahap betul-betul terbebas dari asap rokok. “Karena ini memang komitmen Pak Rektor, ingin mewujudkan komitmen itu di periode kedua beliu ini,”ujar Ilyas.

Di kesempatan itu, Ilyas juga menyinggung keinginan lembaga yang dipimpinnya itu (LP2AIK Unismuh Palu) membentuk Lazismu tingkat universitas dan Wakaf Tunai di tingkat universitas.

Mengingat katanya, Lazismu baru ada pada tingkat wilayah belum terbentuk di universitas. Begitu juga terkait Wakaf Tunai sangat besar manfaatkan untuk pengembangan persyarikatan dan keummatan. ENG

Komentar

News Feed