oleh

Pemkot Siap Mengatualisasi Nilai Pancasila di Kota Palu

-Kota Palu-dibaca 52 kali

SULTENG RAYA – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, menyatakan, siap berkomitmen bersama seluruh perangkat daerah di Kota Palu untuk berusaha mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kerja-kerja dalam mengemban amanah Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

“Pada tanggal 10 Juni 2021 yang lalu kami berkunjung ke BPIP dan spontan kami Pemerintah Kota Palu menyatakan siap melakukan MoU dengan BPIP untuk menjadikan Kota Palu jadi kota yang InsyaAllah mampu membumikan Pancasila,” kata Wali Kota Hadianto saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Sarasehan Perayaan Nilai Keindonesiaan dari Bumi Tadulako secara virtual difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palu dari ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Senin (27/9/2021).

Baca Juga :   Program Keringanan Utang di KPKNL Berakhir Desember 2021

Kegiatan diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI tersebut, menghadirkan Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno yang juga selaku Wakil Presiden RI ke-6 periode 1993-1998.

Wali Kota Hadianto menyatakan, Pancasila diciptakan para pendiri bangsa ini sesungguhnya adalah pedoman keduniaan bagi negara Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Sebagaimana dikatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan. Jadi kalau kita ingin besar, maka pedoman ini harus kita pegang,” ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, kerja-kerja nyata pembumian Pancasila akan diaktualisasikan di tahun ini, tetapi karena pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak, maka pihaknya akan melakukan penguatan-penguatan terhadap aktualisasi Pancasila baik kepada seluruh ASN, Masyarakat dan lainnya pada tahun depan.

Baca Juga :   REALISASI PUPUK BERSIBSIDI TW III, Urea 56 Persen, NPK Phonska 85 Persen

“Pemkot Palu juga akan melaksanakan survei tematik Pancasila, yang nantinya akan menjadi dasar penguatan bagi Pemerintah Kota Palu untuk melakukan penguatan-penguatan, agar efektivitas terhadap arah penerapan nilai-nilai Pancasila di Kota Palu dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Turut hadir secara virtual, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Wakil Kepala BPIP, Prof Hariyono.HGA

Komentar

News Feed