oleh

Rusunawa Donggala Belum Diserahkan ke Pemda

-Kab. Donggala-dibaca 122 kali

SULTENG RAYA – Aset Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di atas lahan milik Pemerintah Kabupaten Donggala di Kelurahan Gunung Bale, Kecamatan Banawa, ternyata sampai saat ini belum diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkintam) Donggala, Happy Sri Handayani menjelaskan, Rusunawa tersebut selesai dibangun pada tahun 2017 silam.

“Namun sampai saat ini memang aset tersebut belum diserahkan ke Pemkab Donggala. Hal tersebut dikarenakan sertifikat lahan tersebut belum dikeluarkan, masih menyatu dengan sertifikat lahan milik Pemkab,” jelasnya.

Jadi kata dia, Rusunawa tersebut dibangun oleh Kementerian PUPR kemudian akan dihibahkan ke Pemkab Donggala, dengan catatan lahan tempat berdirinya Rusunawa tersebut harus dibuatkan sertifikat tersendiri atau dipecah dari sertifikat lahan Pemkab.

Baca Juga :   Baksos AKABRI 99 Sulteng Sasar Masyarakat Desa

“Jadi hampir seluruh Kelurahan Gunung Bale ini lahannya milik Pemkab dalam satu sertifikat, jadi harus dipecah dulu. Kementerian sudah beberapa kali menanyakan sertifikat tersebut, agar berita acara serah terima bisa segera ditandatangani, namun karena sertifikatnya masih dalam proses, sehingga serah terima masih tertunda,” jelasnya.

Saat ini kata dia, untuk pemeliharaan dan pengelolaan Rusunawa tersebut masih dibawa naungan Kementerian PUPR. Olehnya, kedepannya penyelesaian sertifikat lahan Rusunawa tersebut diharap bisa segera terselesaikan, agar aset tersebut bisa segera dihibahkan kepada Pemkab Donggala.

“Aset ini tentu sangat berguna, terutama bagi para pekerja di Kabupaten Donggala. Sehingga, dimanfaatkan dengan baik dan dipelihara dengan baik,” jelasnya. ADK

Komentar

News Feed