oleh

Perkintam Donggala Genjot Pembangunan Huntap

-Kab. Donggala-dibaca 140 kali

SULTENG RAYA – Besok tepat tiga tahun pascabencana Tsunami dan Gempa Bumi melanda Kabupaten Donggala. Namun, masih banyak hak-hak dasar penyintas yang belum terpenuhi, salah satunya pembangunan hunian tetap (Huntap) yang sampai saat ini juga tak kunjung selesai.

Untuk itu, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkintam) Donggala menggenjot pembangunan Huntap tersebut.

Kepala Dinas Perkintam Kabupaten Donggala, Happy Sri Handayani menjelaskan, dari 11 titik pembangunan Huntap di Kabupaten Donggala, baru Huntap di Kelurahan Ganti yang progresnya sudah mencapai tahap finising.

“Jadi, Huntap di Kelurahan Ganti itu tinggal finising, yaitu instalasi listrik dan tahap pengeboran air bersih, karena titik pengeboran air bersih sebelumnya air yang keluar belum bersih, masih keruh. Sehingga masih akan dilakukan pengeboran lagi,” ucapnya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga :   Ratusan Pelajar di Sojol Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Lanjutnya, jika memungkinkan pihaknya berencana akan melaksanakan acara seremonial penyerahan kunci kepada masyarakat pada tanggal 28 September 2021 besok, tepat tiga tahun pascabencana. Namun, hal tersebut masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan Kabupaten Donggala.

“Kalau kita melihat progres, baru lima unit Huntap di Kelurahan Ganti yang siap untuk ditempati. Kemarin juga saya meninjau langsung lokasi tersebut, para pekerja juga sudah melakukan instalasi listrik,” jelasnya.

Lanjutnya, begitupun di 10 titik pembangunan Huntap lainnya, masih dalam proses, pihaknya terus berupaya agar pembangunan Huntap bisa segera terselesaikan. Sehingga, tidak ada lagi masyarakat yang tinggal di Hunian Sementara (Huntara).

“Kami berharap agar masyarakat bersabar, memang proses pembangunan Huntap terbilang lambat, karena proses pembebasan lahan prosesnya juga memakan waktu yang panjang,” ucapnya. ADK

Komentar

News Feed