oleh

Mahasiswi Fisip Untad Terbitkan Buku di Masa Pandemi

-Pendidikan-dibaca 228 kali

SULTENG RAYA – Ulfaira, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Tadulako (Untad) berhasil menerbitkan sebuah buku di tengah pandemi covid-19.

Buku berjudul “Ayra” dengan genre romance ini sepenuhnya hanya sebatas karangan oleh Ulfaira. “Buku ini hasil tulisan saya, kalaupun berdasarkan pengalaman pribadi sih itu tidak pure, cuma sedikit saja,” ungkapnya, Sabtu (25/9/21).

Ulfaira juga mengatakan, selain menulis, ia juga hobi mengambar sedari kecil. Meski dibalik kesibukannya sebagai mahasiswi, ia tetap menyempatkan diri untuk menulis jika mendapatkan inspirasi.

Buku pertamanya ini membutuhkan waktu empat bulan penulisan dan satu bulan untuk proses penerbitan.

“Saya menulis buku ini selama 4 bulan, mulai dari Januari 2020 sampai April 2020. Nah, setelah selesai langsung saya kirim ke penerbit. Alhmdulillah Mei 2020 buku saya sudah terbit,” jelasnya.

Baca Juga :   Mendikbud ungkap Pentingnya Teknologi di Dunia Pendidikan

Selama menulis buku ini, seringkali ia kesulitan dalam menemukan ide untuk ditulis.”Kendala yang paling sering dialami penulis itu adalah writer’s block atau mengalami buntu ide dalam menulis. Biasanya saat saya berada di situasi ini, saya istirahat dulu, cari inspirasi untuk berusaha membangun suasana dan alur yang bikin orang terkesan saat membacanya,” jelasnya.

Mahasiswa semester 7 itu juga berpesan, jangan takut jika karyamu tidak disukai, sebab semua tergantung selera masing-masing orang.”Jangan takut untuk berkarya. Bagus atau tidaknya suatu karya, itu semua tergantung penikmatnya, karena tiap oran mempunya selera yang berbeda,”  ujarnya.

Kini Ulfaira kembali menulis untuk buku keduanya, yang rencanya akan diterbitkan tahun 2022. MG2

Komentar

News Feed