oleh

Gubernur Serahkan Alat Bantu Produktif KTH dan Bibit Produktif

-Kab. Sigi-dibaca 570 kali

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sigi sekaligus membuka sejumlah rangkaian kegiatan diinisiasi Dinas Kehutanan (Dishut) Sulteng di Desa Tangkulowi, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sabtu (26/9/2021).

Sejumlah rangkaian kegiatan itu, yakni penanaman dan penyerahan bibit penghijauan lingkungan, penyerahan alat bantu ekonomi produktif kepada kelompok-kelompok tani hutan dan pelaksanan sosialisasi dan penjelasan terkait Salinan SK Perhutanan Sosial kepada masyarakat sekitar hutan.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan yaitu penyerahan 3.300 bibit produktif seperti durian, mangga ,alpokat, ketapang kencana dan pohon kemiri. Serta alat ekonomi produktif untuk kelompok tani seperti alat pengelolaan getah pinus untuk kelompok Tani hutan Papu jaya di Desa Tangkulowi, dan Desa  Boladangko LPHD Boladangko diberikan alat produktif pengelolaan kopi,” kata Gubernur dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Ahad (26/9/2021).

Gubernur Rusdy sendiri, memberikan apresiasi kepada Dinas Kehutanan atas kegiatan yang terlaksana. Menurut orang nomor satu di Sulteng itu, berharap sejumlah bantuan yang disalurkan dapat memberikan manfaat kepada kelompok tani sehingga mampu berdaya dan meningkatkan kesejahteraan.

Tak lupa juga, Gubernur mengingatkan untuk masyarakat di sekitar lokasi tersebut untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan bibit-bibit produkstif yang disalurkan. Sebab, selain memiliki nilai ekonomi, bibit-bibit itu juga sangat baik digunakan untuk penghijauan.

“Saya mengaspresiasi kegiatan yang berada di KPH kulawi, pada hari ini (kemarin, red) dan beberapa bulan kemarin di KPH Banawa, kami pemerintah mengharapkan agar alat ekonomi produktif dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

Disamping itu, Gubernur Rusdy Mastura mengimbau kepada para kelompok-kelompok tani hutan rerata berprofesi sebagai petani dapat bekerja sama dengan pihak-pihak perbankan untuk dapat mengambil kredit  sesuai prosedur yang berlaku.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Bupati sigi  Moh.Irwan Lapata, Dinas Kehutanan Sulteng, Nahardi, Bupati Kabupaten Sigi, dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemprov Sulteng, dan Pemda Sigi, serta Tokoh Adat Kulawi. RHT

Komentar

News Feed