oleh

Dompet Dhuafa Bantu Pasien Isoman Lewat Program APDC

-Kesehatan-dibaca 65 kali

SULTENG RAYA – Dompet Dhuafa Sulteng memiliki program khusus selama pandemi Covid-19, yaitu Aksi Peduli Dampak Corona (APDC).

Program tersebut berupa bantuan paket isoman dan paket kesehatan kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terinfeksi Covid-19. Paket isoman berupa bantuan vitamin, buah-buahan dan makanan Sehat.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulteng, Muh Ilham Alisa, mengatakan, selain program penanganan Covid-19, Dompet Dhuafa Sulteng juga memfokuskan pada program Pemberdayaan Ekonomi.

Muh Ilham menyebutkan, secara umum, Dompet Dhuafa memiliki program dan layanan yang dapat dikelompokan dalam lima pilar, yakni program ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, serta  dakwah dan budaya.

Dalam Program pendidikan, Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah berkomitmen menyediakan akses pendidikan seluas-luasnya seperti program Beasiswa dan membantu anak yatim.

Pada program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan memberikan paket isoman, pendampingan kepada orang sakit, pembatasan sosial, membagikan hand sanitidzer, masker, dan lain-lain.

Adapun pada Program sosial, untuk merespon cepat permasalahan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Setiap bencana kami turun, ikut pendampingan untuk orang-orang yang membutuhkan, program ini setiap hari kita lakukan memberikan bantuan,”kata Ilham, Jumat (24/9/2021).

Pada program Dakwah dan Budaya, Dompet Dhuafa Sulteng membentuk beberapa program seperti, Guru ngaji Tangguh, Program hafidz, Rumah Tahfidz dan Guru ngaji kampung.

Sementara pada program ekonomi, berupa program diantaranya Pertanian Sehat Indonesia, Peternakan Rakyat, UMKM Kreatif, Pengembangan Keuangan Mikro Syariah, Agroindustri, Sentra Ternak, Ekonomi Pemulihan Pasca Bencana.

Muh Ilham menjelaskan Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF) berdiri dari tahun 1993. Sebelumnya Dompet Dhuafa sudah memiliki 17 cabang terdiri dari 12 cabang dalam Negeri dan 5 cabang di luar negeri.

Pada Tahun 2020 Dompet Dhuafa baru hadir di Sulawesi Tengah, tapi secara Program mereka telah hadir dari 2017, bahkan tahun 2004 sudah datang membentuk program bantuan Komputer di Banggai Kepulauan. Fokus Lembaga Dompet Dhuafa (DD) Sulteng, sebagai lembaga Filantropi Islam untuk pemberdayaan pada masyarakat dhuafa. MG7

Komentar

News Feed