oleh

HMB FMIPA Untad Jalankan Program Bina Desa

-Pendidikan-dibaca 355 kali

SULTENG RAYA- Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) telah melaksanakan program Bina Desa 2021 dengan tema “Mengabdi Bersama untuk Mengembangkan Potensi Masyarakat Dusun Sigarongga dalam Upaya  Pemberantasan Hama Tanaman Kakao” di Dusun Sigarongga, Desa Alindau, Kabupaten Donggala, Sabtu-Ahad 18-19 September 2021.

Dalam pelaksanaanya, HMB FMIPA turut melibatkan Staff Desa Alindau, Kepala Dusun Sigarongga, Kepala Adat Dusun Sigarongga, serta seluruh masyarakat Dusun Sigarongga.

Selaku Kepala Dusun Sigarongga, Erwin mengungkapkan rasa syukurnya sebab ada mahasiswa yang mau berbagi ilmu secara langsung kepada masyarakatnya.

“Alhamadulillah, sebuah kesyukuran bagi saya karena ada mahasiswa yang mau datang ke daerah saya untuk mengabdi dan membagikan ilmu pengetahuannya,”ujar Erwin.

Baca Juga :   PTMT SMPN 2 PALU, Kepsek Imbau Peserta Didik Datang Sesuai Jadwal

Sebab katanya, Dusun Sigarongga atau dusun 5 di Desa Alindau ini kebanyakan warganya bermukim di daerah pegunungan. Sehingga dengan kehadiran para mahasiswa Untad tersebut sangat membantu memberikan pengetahuan tentang upaya  pemberantasan hama tanaman Kakao.

Ketua Umum HMB Safira  mengtaakan, program bina desa tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana cara untuk menangani hama penyakit pada tanaman kakao.

“Tujuan kami melaksanakan pembinaan ini adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada masyarakat Dusun Sigarongga dalam hal penanganan hama penyakit pada tanaman kakao, serta juga untuk meningkatkan Sumber Daya Alam (SDA) Hayati pada masyarakat di daerah tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Safira mengungkapkan bahwa pada pelaksanaan program tersebut diisi dengan kegiatan penyuluhan dan bakti sosial. “Kami melakukan banyak kegiatan di sini, mulai dari penyuluhan soal pengendalian hama penyakit tanaman kakao, perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan Covid-19, kelas alam dan kelas patriot untuk anak-anak sekolah dasar, nonton bareng, senam bersama dan juga bakti sosial,” ungkap Safira.

Baca Juga :   LOLOS PROGRAM ICT, Tiga Mahasiswa Unismuh Palu Kini Mulai Ikuti Proses Perkuliahan

Safira berharap kedepan masyarakat Sigarongga yang telah mereka bina bisa makin berkembang pengetahuannya. “Besar harapan kami, masyarakat yang ada di dusun tempat kami mengabdi itu kedepannya nanti bisa meningkat pengetahuannya, terutama soal hama penyakit pada tanaman kakao dan juga pengetahuan mereka terkait pencegahan Covid 19. Semoga apa yang telah kami lakukan bisa bermanfaat bagi mereka,” harapnya.*/ENG

Komentar

News Feed