oleh

Disdamkarmat Latih Redkar di Sembilan Kelurahan

-Kota Palu-dibaca 106 kali

SULTENG RAYA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Palu menggelar pelatihan dan pembekalan bagi Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) dari sembilan kelurahan di Kota Palu selama lima hari, yakni mulai 24 hingga 28 September 2021.

“Pelatihan dan pembekalan bagi Redkar ini dilaksanakan selama lima hari di Kelurahan Lasoani,  diikuti oleh sembilan  kelurahan yang sudah memiliki Redkar yaitu Kelurahan Besusu Barat, Layana Indah, Nunu, Tondo, Baiya, Birobuli Utara, Tanamodindi, Lasoani dan Talise,” kata Kepala Disdamkarmat Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona, Jumat (24/9/2021).

Dalam pelatihan maupun pembekalan tersebut, para Redkar diberikan materi kelas, dilanjutkan dengan pelatihan lapangan dan simulasi tentang fungsi maupun tugas relawan pemadam kebakaran.

Baca Juga :   Kemenag Gorut Studi Peningkatan Sistem Informasi KUA di Sulteng

Sebagai mitra strategis Disdamkarmat, kata dia, Redkar diharapkan dapat membantu tugas-tugas pemadam kebakaran ketika terjadi kejadian-kejadian di lingkungan kelurahan. Serta, dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan upaya pencegahan kebakaran di lingkungan masing-masing.

“Setiap kelurahan memiliki tujuh orang Redkar, namun jika ada yang mau berpartisipasi jumlahnya boleh lebih. Yah, harapannya agar semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam mencegah dan menanggulangi kejadian kebakaran, non kebakaran maupun bencana lainnya,” jelasnya.

Sudaryano juga menjelaskan bahwa sebelumnya pada 21-23 September 2021, Disdamkarmat juga telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas personil dengan tujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan personil dalam melaksanakan operasi kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya.

Baca Juga :   Anggota Permippos di Palu Diharapkan Turut Sukseskan Program Pemkot

“Selain personil dari Disdamkarmat Kota Palu, peserta pelatihan juga berasal dari Bidang Kebakaran Morowali Utara, RSUD Anutapura, Undata, Madani, RS Samaritan, Lapas IIA Palu dan SPBU Diponegoro,” ucapnya.

Para peserta pelatihan tersebut, menerima materi kelas selama dua, meliputi Open Area Fire, Smoke Chamber dan Vertical Rescue untuk penyelamatan korban dari gedung bertingkat. Serta, untuk simulasi dan pelatihan lapangan di Gedung ex Rusunawa Alkhairaat di Jalan Pue Bongo.

“Pelatih  berasal dari Jakarta, bapak Fredy Alling sebagai senior damkar Indonesia dn mantan kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran, Ciracas, Jakarta,” ujarnya.

Bahkan, dalam pelatihan itu turut hadir Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, dalam hal memberikan arahan kepada seluruh peserta dan berharap melalui pelatihan fungsi operasional, Disdamkarmat benar-benar lebih efektif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, entah itu kejadian kebakaran, non kebakaran maupun bencana lainnya.ULU

Komentar

News Feed