oleh

Tahun Depan, Sulteng Buka Program Magang ke Jepang

-Kota Palu-dibaca 196 kali

SULTENG RAYA –  Tahun depan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali membuka program magang ke Jepang untuk masyarakat Sulteng.

Diketahui, selama tiga tahun terakhir, Disnakertrans Sulteng tidak melaksanakan program pemagangan ke Jepang dikarenakan pandemic COVID-19.

Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja (P3TK) pada Disnakertrans Sulteng, Suryani Yusuf mengatakan, di tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 ini tidak ada penganggaran untuk seleksi pemagangan. “Tapi, sekarang kami sedang menyusun anggaran karena Insyah Allah Jepang sudah buka kembali setelah lockdown,” ucapnya saat ditemui di kantor Disnakertrans Sulteng, Kamis (23/9/2021).

“Jadi di awal tahun  kita anggarkan pelatihan, dan seleksinya nanti akan dilakukan di bulan September. Jadi, untuk tahun ini belum ada program magang ke Jepang,” sambungnya.

Baca Juga :   HUT KE-50 KORPRI, Wali Kota Harap Anggota Korpri Palu Jadi Abdi Negara Inovatif

Dalam magang itu kata Suryani, Disnakertrans bekerjasama dengan International Manpower Development Organization Jepang untuk menyeleksi para peserta yang mengikuti magang. Dimana, dalam proses seleksi sampai dengan keberangkatannya yaitu harus melalui seleksi administrasi, tes matematika, kesamaptaan, medical check up, wawancara, ketahanan fisik, persiapan tes bahasa, tes bahasa Jepang, pelatihan, kemudian melangsungkan pemberangkatan ke Jepang.

“Seleksinya itu melalui beberapa tahapan proses. Jadi, peserta magang harus mempersiapkan mental dalam mengikuti program ini,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Kabupaten lainnya sangat mendukung terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pihak Nakertrans juga berusaha untuk menjadikan program magang Jepang ini sebagai program rutin guna mengembangkan sumber daya manusia.

Baca Juga :   LIBAS 47 KM DALAM WAKTU EMPAT JAM, Bripda Khairunnisa Peringkat Tiga Gegana Virtual Run 2021

“Pemerintah juga sangat support terkait program ini, makanya kita dikasih anggaran untuk tahun depan. Namun, untuk saat ini pergeseran anggaran kan kita belum tahu. Nanti Insyah Allah kalau sudah ditetapkan, baru kita ekspose nih besar-besaran,” ucapnya. MG3

Komentar

News Feed