oleh

Birokrasi Diharap Bisa Realisasikan Tuntutan Mahasiswa Fatek Untad

-Pendidikan-dibaca 435 kali

SULTENG RAYA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Tadulako (Untad) menggelar mimbar akbar, dengan tema “Gema Aspirasi Dalam Melahirkan Sosuli Demi Kemajuan Fakultas teknik” di Gedung Auditorium Fatek Untad, pada hari Rabu (22/9/21).

Menteri Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, Mohammad Faisal Sainnudin, selaku yang menaungi kegiatan tersebut, menjelaskan, digelarnya mimbar akbar ini, karena banyak aspirasi terkait permasahalan dari masing-masing himpunan dan mahasiswa yang pihak BEM Fatek dapatkan.

“Sesuai temanya kemarin, mimbar akbar itu diadakan untuk menghasilkan sosuli bagi Fatek Untad, karena banyaknya permasalahan dari Fatek itu sendiri, yang kebijakan itu tidak bisa sampai kepada pemangku kebijakan. Jadi, kami dari BEM Fatek menggelar mimbar akbar ini, sebagai wawah menyampaikan aspirasi,” katanya, Kamis (23/9/21).

“Seperti mengenai masalah fasilitas kampus, masalah pemotongan dan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT), pengadaan sekretariat bagi Himpunan  (HMJ) yang belum punya, tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Untad, terkait alat-alat untuk laboratorium, juga tentang Strandar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan kemahasiaan di Fatek,” tambahnya.

Baca Juga :   PELAKSANAAN PTMT PERDANA, SMPN 12 Palu Berikan Bantuan Perlengkapan Sekolah Bagi Peserta Didik

Aspirasi lainnya juga datang dari mahasiswa Jurusan Teknik Geologi, mereka menyuarakan terkait pengadaan jalur evakuasi di Untad dan jadwal proses perkuliahan.

“Ada juga aspirasi lainnya dari teman-teman Jurusan Teknik Geologi, mengenai jalur evakuasi. Seperti yang kita ketahui bersama, Kota Palu merupakan kawasan yang rawan bencana, tapi kita tidak punya jalur evakuasi di Untad dan tidak ada titik kumpul yang aman. Mereka juga memprotes terkait perkuliahan di hari Sabtu dan Minggu, jadi jadwal dari fakultas sendiri, yang dikirim ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) itu, hanya sampai hari Jumat untuk perkuliahan,” ungkapnya menambahkan.

Awalnya kegiatan ini dijadwalkanberlangsung selama 2 hari, yaitu pada hari Rabu 22 September 2021 sampai 23 September 2021, namunterpaksa hanya dilaksanakan satuharipada hari Rabu mulai pukul 13:00 WITA sampai pukul 21:00 WITA.

Baca Juga :   Hari ini Unismuh Palu Tarik Mahasiswa Peserta PPL

Demi mematuhi Protokol Kesahatan (Prokes), kegiatan ini hanya boleh diikuti 50 orang saja. Jumlah itu terdiri dari delegasi masing-masing himpunan dan dihadiri oleh tiga orang narasumber yaitu Ir. Andi Arham Adam, ST., M.Sc., Ph.D, selaku Wakil Dekan (Wadek) Bidang Akademis, Dr. Ir. Tutang Muhtar K., S.T, M.Sc, selaku Wadek Bidang Umum dan Keuangan, serta Dr. Rusli S.T., M.T, selaku Wadek Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan ini juga ditayangkan secara langsung melaui kanal Youtube dan Instagram @bemfakultasteknik_untad dan melalui aplikasi Zoom Meeting.

Presiden Mahasiswa (Presma) Teknik, Hasrianto,mengatakan, pihak Fakultas telah menerima semua tuntutan dan telah memberikan solusi dari setiap tuntutan yang di ajukan.

Baca Juga :   MAN IC Palu Kembali Rebut Juara 1 COMIC’ Tadulako

“Dari hasil mimbar akbar kemarin, pihak fakultas sudah mengiyakan dan memberikan solusi segala tuntutan, kecuali terkait pembangunan sarana prasana, itu merupakan kebijakan dari pihak universitas, selaku pemangku kebijakan. Jadi, fakultas hanya bisa membenahi apa yang telah ada. Seperti pengadaan taman depan fakultas, itu bisa di ajukan ke universitas,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, jika pihak birokrasi tidak melaksanakan solusi yang mereka sampaikan pada mimbar akbar ini, maka mahasiswa Fatek akan kembali melakukan tindakan. “Kerena mereka sudah mengiyakan segala tuntutan pada mimbar akbar kemarin. Selanjutnya, kami akan melakukan tindakan lajutan, seperti penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Saya berharap, pihak fakultas bisa merealisasikan ucapannya yang mereka sampaikan pada mimbar akbar ini. Jika tidak, kami akan terus melakukan tindak lanjut dari kelembagaan,” jelas Presma Teknik. MG2/MG6

Komentar

News Feed