oleh

Pemkot Palu Target Serapan Anggaran TW III 75 Persen

-Kota Palu-dibaca 49 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menargetkan serapan anggaran di triwulan III mencapai 75 persen.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, mengatakan, untuk mencapai realisasi belanja daerah itu, para pimpinan OPD segera mengidentifikasi dengan baik setiap hambatan dan kendala dihadapi.

“Saya tahu, kendala dan hambatan ini sudah biasa terjadi. Kalau sudah terbiasa harusnya tidak lagi menjadi kendala. Saya mau lihat itu di progres triwulan terakhir,” kata Wali Kota Hadianto saat menghadiri Rapat Evaluasi Pengawasan dan Realisasi Anggaran (Rapim Tepra) bersama para pimpinan OPD di lingkup Pemkot Palu di ruang rapat bantaya, Gedung Kantor Wali Kota Palu, Kamis (23/9/2021).

Ia mencontohkan, salah satu kendala kerap terjadi, yakni keterlambatan pembayaran honor. Padahal, kata dia, hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga :   MENUJU KOTA ADIPURA, Warga Talise Rutin Kerja Bakti di Akhir Pekan

“Identifikasi baik masalah itu, lalu kita lakukan penguatan untuk menyelesaikannya. Semua harus teridentifikasi dengan baik,” tegasnya.

Ia berharap, persentasi realisasi belanja daerah pada TW III dapat melampaui persentase realisasi belanja kabupaten dan kota secara nasional seperti pada TW I. Atas capaian tersebut, Pemkot Palu mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian atas pencapaian realisasi belanja daerah dengan presentasi 46,38 persen.

Menurutnya, apresiasi dan pencapaian yang diperoleh tersebut harus menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Palu untuk menjaga konsistensi dalam penggunaan anggaran di periode kedepannya.

“Saya sudah sampaikan sebelumnya, Rapat Tepra ini kita akan laksanakan pada bulan kedua setiap triwulan. Agar setiap triwulan yang kita lewati, target-targetnya tercapai dengan baik,” ujarnya.HGA

Komentar

News Feed