oleh

Pengadilan Negeri Donggala Luncurkan Layanan Aplikasi “Bu Santi”

-Kab. Donggala-dibaca 224 kali

SULTENG RAYA – Setelah meluncurkan layanan aplikasi PAK SANDI pada medio Februari 2021 yang lalu, Pengadilan Negeri Donggala kembali meluncurkan aplikasi unggulan sebagai upaya mendekatkan masyarakat terhadap akses keadilan. Kali ini, fokus utama Pengadilan Negeri Donggala ada pada layanan bantuan hukum yang selama ini digunakan oleh masyarakat di Pengadilan Negeri Donggala.

Bertempat di Ruang Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM), Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Lalu Moh. Sandi Iramaya, S.H., M.H., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Ni Kadek  Susantiani, S.H., M.H., meluncurkan layanan Aplikasi yang diberi nama “BU SANTI”.

Dalam sambutannya, Ketua PN Donggala, Sandi menyampaikan bahwa layanan bantuan hukum merupakan hak setiap orang yang tersangkut perkara maupun yang memiliki permasalahan hukum untuk memperoleh bantuan hukum dan negara menanggung biaya perkara bagi pencari keadilan yang tidak mampu.

“BerdasarkanPeraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, kami berkewajiban menyediakan POSBAKUM secara berkelanjutan. Hanya saja, metode penyediaan POSBAKUM tidak selamanya harus secara fisik, namun juga kami siapkan sarana virtual (digital) melalui layanan aplikasi BU SANTI yang diluncurkan hari ini,” tutur Sandi.

Layanan aplikasi Sarana Konsultasi Digital atau yang diberi nama “BU SANTI” merupakan aplikasi digital yang memudahkan masyarakat Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi berinteraksi dengan advokat Posbakum yang ada di Pengadilan Negeri Donggala.

Dalam aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan interaksi secara virtual melalui chat yang nantinya akan direspon oleh para Advokat yang betugas di Posbakum Pengadilan Negeri Donggala. Beragam layanan dapat diperoleh masyarakat dalam aplikasi BU SANTI, diantaranya layanan pemberian informasi, konsultasi, advis hukum, atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan.

“Kami menyadari bahwa bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu adalah suatu keharusan. Namun demikian, tentu saja bantuan hukum yang diberikan tidak bersinggungan dengan independensi dan kemandirian peradilan. Karena itu, Pengadilan Negeri Donggala pada prinsipnya hanya menyediakan sarananya. Untuk operasionalisasinya, nanti akan dikelola oleh rekan-rekan advokat yang bertugas di Posbakum,” tutur Sandi.

Senada dengan Sandi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Ni Kadek  Susantiani, S.H., M.H., menyampaikan ada 2 (dua) permasalahan yang ingin diselesaikan melalui aplikasi layanan BU SANTI ini. Pertama, permasalahan luasnya wilayah hukum Pengadilan Negeri Donggala. Seperti diketahui, wilayah hukum Pengadilan Negeri Donggala meliputi 2 (dua) kabupaten, yaitu Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi yang apabila digabungkan, luas wilayah hukumnya mencapai +21.000 km2. 

“Masyarakat dari Sirenja, Ogoamas, Kulawi, Lindu, Pipikoro, dan wilayah lainnya tidak perlu membuang waktu 6-7 jam lamanya untuk menjangkau kantor pengadilan di Banawa. Cukup download aplikasi BU SANTI, selanjutnya masyarakat dapat melakukan interaksi virtual melalui admin Posbakum secara gratis dan tanpa dipungut biaya apapun. Intinya, kami ingin lebih dekat dengan masyarakat, lebih melayani, dan lebih progresif menyesuaikan dengan tuntutan zaman,” sebutnya.

Selain permasalahan luas wilayah, layanan aplikasi BU SANTI juga menjadi solusi dalam perubahan pelayanan publik dalam tatanan new normal. “Covid-19 mendorong kita untuk mengubah layanan tatap muka menjadi layanan virtual. Hadirnya BU SANTI akan mengurangi tatap muka secara langsung, sehingga penanganan Covid-19 akan lebih terkendali sebab masyarakat dapat melakukan konsultasi cukup melalui Handphone-nya,” tutur Santi.

Direktur LBH Donggala, Hamka Akib, S.H., dan Direktur LBH Celebes, H. Muhtar, S.H., selaku pengelola Posbakum di Pengadilan Negeri Donggala kompak memberikan apresiasi atas peluncuran aplikasi BU SANTI dan berkomitmen untuk menyebarluaskan aplikasi ini sampai ke pelosok daerah Donggala dan Sigi. Menurutnya, masyarakat yang memiliki urusan dengan Posbakum Pengadilan kini semakin mudah karena terfasilitasi secara virtual.

“Kami siap melayani masyarakat setiap hari kerja mulai Pukul 09.00 s.d. Pukul 15.00 WITA. Advokat di LBH kami sudah dibekali dengan perangkat admin untuk selalu tersambung dengan aplikasi BU SANTI,” tutur Hamka, yang diamini juga oleh Muhtar.

Sebagai tindak lanjut, Pengadilan Negeri Donggala dalam beberapa waktu kedepan akan melakukan sosialisasi Aplikasi BU SANTI ini kepada masyarakat Donggala dan Sigi secara lebih massif. Selain itu, media sosial Pengadilan Negeri Donggala juga akan lebih digencarkan untuk mengajak masyarakat menggunakan layanan ini.

Kini, tak perlu jauh untuk mengakses layanan Posbakum Pengadilan. Cukup melalui smartphone, konsultasi hukum dapat dengan mudah dilaksanakan. “Intinya, Pengadilan Negeri Donggala kini hadir dalam genggaman Anda,” tutup Sandi. ***YAN

Komentar

News Feed