oleh

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik

-Kota Palu-dibaca 94 kali

SULTENG RAYA – Harga sejumlah ikan air laut, seperti Katombo, Kakap Merah hingga Kerapu, di Pasar Induk Tradisional (PIT) Masomba, Kota Palu, mengalami kenaikan.

Salah seorang penjual ikan, Rusdy (42), mengatakan, kenaikan mencapai 20 hingga 25 persen dari harga normal.

Menurutnya, kenaikan harga ikan segar tersebut lantara cuaca buruk yang melanda Sulteng beberapa hari terakhir. Kondisi itu berdampak pada distribusi pasokan ikan segar dari berbagai daerah berkurang, sehingga hukum ekonomi berlaku.

Selain itu, jalur distribusi juga menjadi penghambat pasokan masuk ke pasar, mengakibatkan meningkatnya biaya produksi distribusi.

Ia mengatakan, harga ikan naik sudah berlangsung sejak awal pekan ini.

“Stok berkurang, karena pengepul dari Luwuk Banggai mendistribusikan ikan dengan jumlah yang sedikit. Itu tidak lain karena hujan, ombak tinggi, sehingga ikan yang didapat sedikit, ditambah lagi jalur Kebun Kopi (jalan penghubung dari Parigi Moutong ke Kota Palu) longsor karena hujan, jadi ongkosnya juga naik,” kata Rusdy kepada Sulteng Raya, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga :   DIDUKUNG LIONS CLUB PALU EBONY, PMI dan Dinkes Sulteng Buka Layanan Vaksinasi

Pantauan Sulteng Raya, ikan jenis Katombo ukuran sedang biasanya dijual Rp40.000 per kilogram (kg), kini dijual Rp50.000 per kg. Sedangkan Katombo ukuran jumbo sebelumnya dijual Rp50.000 per kg, kini dibanderol Rp60.000 per kg.

Begitu juga ikan jenis Kakap Merah, sebelumnya Rp60.000 per kg, sekarang sudah Rp70.000 per kg. Kemudian, ikan kerapu, sebelumnya Rp40.000 per kg, sekarang Rp50.000 per kg. MG1

Komentar

News Feed