oleh

BBTNLL Tingkatkan Kapasitas Kelompok Binaan KUB Higira

-Kab. Sigi-dibaca 158 kali

SULTENG RAYA – Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUB) Higira di Desa Bora, di Balai Desa Bora, Kabupaten Sigi, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, diikuti pengurus dan anggota KUB Higira dan masyarakat di sekitar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Kepala Desa Bora, Kusmayadi, berharap kepada peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga dapat mengambil ilmu dan mengaplikasikannya.

Selain itu, Kades Bora berharap  produk dihasilkan kelompok tersebut dapat dipajang di lokasi wisata di desa tersebut.

“Kita punya obyek wisata di Bora ini, seperti pemandian air panas, dan saya harap produk yang dihasilkan kelompok in bisa dipajang di sana, jadi sinergi dengan program kita,” ujar Kades dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Rabu (22/9/2021).

KUB Higira saat ini berupaya mengembangkan usaha meubelair, yang salah satu bahan bakunya adalah Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yaitu bambu.

Sementara itu, Kepala BBTNLL, Jusman, mengatakan, BBTNLL selalu mengedepankan prinsip 3M yaitu mutual trust (saling percaya), mutual respect (saling menghormati), dan mutual benefit (saling memberikan manfaat) dalam bekerja sama.

“Prinsip “3M” ini merupakan modal kita dalam bekerjasama untuk bersama mengelola Taman Nasional Lore Lindu demi mencapai tujuan bersama, yaitu kesejahteraan masyarakat dan kelestarian TNLL” ujarnya.

Selain itu, ditambahkan Jusman, agar semua pihak selalu bersama-sama berpartisipasi dalam mengelola TNLL untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan di Kabupaten Sigi.

“Harapannya dengan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan menjadi rangkaian upaya dalam suksesnya pemberdayaan masyarakat di Desa Bora,” tutup Jusman. */RHT

Komentar

News Feed