oleh

Kuliah Umum Fisip Untad Hadirkan Guru Besar Ilkom Unpad

-Pendidikan-dibaca 109 kali

SULTENG RAYA –Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Tadulako (Untad), menyelanggarakan kuliah umum atau  stadium generale dengan tema “Dibalik Aib, Fitnah, dan Hoax, di Ruang Virtual Dalam Persfektif, Agama dan Politik Kekuasaan”.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, (22/9/2021)yang dimulai pada pukul 09:00 WITA sampai selesai, secara online melaui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Fisip Untad. Peserta kegiatan terdiri dari dosen, mahasiswa SI, S2 dan S3 Fisip Untad, serta peserta umum dari instansi lain, dengan jumlah keseluruh peserta kuliah umum ini, mencapai 300 orang.

Narasumber  dari kuliah umum ini adalah Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., PH.D, selaku guru besar Ilkom Universitas Padjadjaran (Unpad), dengan topik “Fitnah dan Hoax Sebagai Anti Silaturahmi (Perpektif Agama dan Politik)”. Bersama Prof. Dr. Muhammad Khairil, M.Si, selaku Dekan Fisip Untad.

Baca Juga :   STPL Palu Dapat Kunjungan Perdana dari Sakinah Aljufri

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Muhammad Khairil, M.Si, selaku pimpinan Fisip Untad. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh peserta kuliah umum, terutama kepada naraumber Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., PH.D, selaku guru besar Ilkom Universitas Padjadjaran (Unpad),yang telah  bersedia menyempatkan hadir pada kegiatan ini.

“Bapak-Ibu sekalian, pertama-tama izinkan saya, atas nama pimpinan Fisip Untad, memberikan penghargaan yang setingi-tingginya, penghormatan setulus-tulusnya, dan rasa terima kasihnya kepada narasumber kita yang berkenan hadir pada kesempatan pagi hari ini, juga kepada seluruh peserta hadirin yang hadir di ruang zoom ini, serta kepada Prodi Ilkom yang telah menginisiasi lahirnya kegiatan ini,” ungkapnya, Selasa (22/9/2021).

Baca Juga :   JAUHKAN KAMPUS DARI PEMAHAMAN KIRI, FAI Unismuh Tekankan Mahasiswa Ikut Organisasi Kampus

Ia juga menjelaskan, tema kuliah umum ini menjadi topik yang sangat penting untuk disampaikan kepada orang-orang banyak.

“Mengenang berbagai persoalan yang muncul di Negara Indonesia kita, sebagian besar muncul dari aib, bahkan aib itu menjelma dalam vitnah, sampai kemudian masuk di ruang virtual yang kita sebut sebagai hoax. Semoga pencerahan pada pagi hari ini, bisa membuka cakrawala berpikir kita, bahwa aib sebaiknya bukan menjadi konsumsi publik,” jelasnya.

“Fitnah sungguh kejam, bahkan lebih kejam dari pembunuhan. Hoax menjadi trend, yang seolah-olah dibenarkan di ruang virtual, kalaupun faktanya ini harusnya tidak ada. Bahkan banyak orang yang merasa tercemar nama baiknya, karena penyampaian-penyampaian berita dan informasi yang tersebar di ruang virtual. Semoga kuliah umum ini bisa memberi manfaat kepada para perserta sekalian,” jelasnya menambahkan.

Baca Juga :   Virtual Tour, Dosen Untad Kenalkan Budaya Tanah Kaili

Kuliah umum tersebut di pandu oleh Dr. Ilyas, M.I.Kom, selaku Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fisip Untad, sebagai moderator. Di akhir acara, diadakan sesi tanya jawab kepada beberapa orang peserta, yang dijawab langsung oleh guru besar Ilkom Unpad, dengan tujuan agar seluruh peserta betul-betul bisa memahami dengan baik kuliah umum ini. MG2

Komentar

News Feed