oleh

Level PPKM Palu Turun, Sekolah Boleh PTM Terbatas

-Kota Palu-dibaca 102 kali

SULTENG RAYA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Palu turun level 3. Efektif berlaku sejak 21September 2021 hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

Keputusan tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19.

“Kota Palu kini tidak lagi masuk dalam daftar PPKM Level 4 namun menurun satu tingkat menjadi PPKM Level 3, hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 44 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19,” jelas Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid saat memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi PPKM di wilayah Kota Palu di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga :   Kapolda Sulteng Kunjungi Rumah Korban Dugaan Asusila Oknum Kapolsek Parigi

Ia menjelaskan, memasuki PPKM Level 3, terjadi beberapa pelonggaran. Salah satunya, di sektor pendidikan. Satuan pendidikan sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan kapasitas maksimal 50 persen terkecuali untuk PAUD maksimal 33 persen dengan protokol kesehatan ketat.

Rencananya, PTM terbatas mulai dilaksanakan bertepatan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-43 Kota Palu pada 27 September 2021 mendatang.

“Sekolah sudah bisa melakukan tatap muka. Saya minta kita mulai dulu dari sekolah yang sudah divaksin. Sekolah yang sudah selesai vaksinasi boleh lakukan pembelajaran tatap muka,” kata Wali Kota Hadianto.

Selain itu, kata dia, kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall dan pusat perdagangan diizinkan beroperasi 50 persen pada pukul 10.00 Wita hingga 21.00 Wita, dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang telah diatur.

Baca Juga :   MULAI BUKA 23 OKTOBER 2021, Prokes Ketat Syarat Masuk Danau Tambing

“Kemudian, Bioskop dapat beroperasi dengan ketentuan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining, kapasitas maksimal 50 persen, pengunjung usia di bawah 12 tahun dilarang masuk, dilarang makan dan minum atau menjual makanan dan minuman dalam area bioskop, serta mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun Kementerian Kesehatan,” tegasnya.

Turut mendampingi Wali Kota Hadianto, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, Sekkot Palu, Asri L Sawayah, unsur Forkopimda Kota Palu, para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu, para Kepala Bagian di Setda Kota Palu.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan laporan harian Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulawesi Tengah pada Selasa (21/9/2021), pasien dalam perawatan di Kota Palu tersisa 110 orang, setelah ada tambahan kasus baru 16 orang dan pasien sembuh 19 orang.

Baca Juga :   Wali Kota: Maulid, Refleksi Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Ayo! Kita bantu Pemerintah untuk menekan penybaran Covid-19 dengan taat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 5M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. HGA

Komentar

News Feed