oleh

HUT ke-76, PMI Sulteng Kumpulkan 110 Kantong Darah

-Kota Palu-dibaca 92 kali

SULTENG RAYA –  Sebanyak 110 kantong darah berhasil dikumpulkan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dari hasil donor darah yang diikuti masyarakat, Jumat (17/9/2021).

Donor darah itu, dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-76 PMI dengan mengusung tema Bergerak Bersama untuk Sesama.

Dalam kegiatan itu, PMI Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai 17 sampai 18 September 2021 dilangsungkan di Kantor Pusat PMI Provinsi Sulawesi Tengah Jalan Kartini, Kota Palu.

BEI menyediakan paket sembako dan membagikan masker bagi 200 pendonor pertama. Dalam kegiatan ini, masyarakat terbilang sangat antusias karena yang belum vaksin juga dibolehkan untuk mendonorkan darahnya.

Baca Juga :   Bunda PAUD Kelurahan-Kecamatan Diminta Sosialiasikan Pentingnya PAUD Berkualitas

Suharno selaku kepala bagian unit transfusi darah P2D2S (Pelestarian, Pencarian, Donor Darah Sukarela) mengatakan, target dari Bursa Efek ini sebenarnya 200 pendonor selama dua hari kegiatan dan dihari pertama itu sudah dapat 110 kantong darah.

“Persyaratan bagi pendonor yaitu umur minimal 17 tahun, berat badan minimal  45 kg, dan pendonor tidak wajib vaksin. Yang belum vaksin pun boleh mendonorkan darah. Namun, apabila sudah vaksin dosis 1, maka harus vaksin 2 dulu baru bisa mendonor. Nah, kalau sudah vaksin kedua, harus menunggu selama dua minggu dulu baru bisa mendonor,” katanya.

Di masa pandemi sekarang ini, rupanya PMI kekurangan stok darah. Kebutuhan lebih banyak dari pada stok yang tersedia dan itu sangat berbanding terbalik.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Minta Bupati/Wali Kota Tingkatkan Sebaran Vaksin

“Kegiatan kita kurang di masa pandemic ini, makanya kekurangan stok darah. Dulu, tiap satu minggu kegiatan donor darah itu jalan terus. Pas dimasa pandemic ini, hampir seluruh Indonesia kekurangan stok,” jelasnya.

Suharno  juga berharap, pada ulang tahun PMI yang ke-76 ini, masyarakat bisa mendonorkan darahnya dengan sukarela supaya PMI bisa berjalan demi kemanusiaan. MG3

Komentar

News Feed