oleh

Sulteng Masuk PPKM Level 3

-Kota Palu-dibaca 120 kali

SULTENG RAYA – Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan, untuk daerah luar Jawa dan Bali hanya terdapat 11 kabupaten/kota yang berada pada Level 4 dari periode sebelumnya yang terdapat 23 kabupaten/kota.

“Sulawesi Tengah saat ini masuk PPKM Level 3, sementara dari 11 kabupaten/kota yang masuk Level 4, tidak termasuk Kota Palu dan Kabupaten Poso,” sebutnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyampaikan, ucapan terima kasih atas kerjasama dari Gubernur, Bupati/Wali Kota, Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, Kapolres, Satgas Covid yang bersinergi untuk menangani Covid dengan baik.

Selanjutnya sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  menyampaikan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk jangan berbangga dengan penurunan kasus yang terjadi.

Baca Juga :   Enam Ahli Waris Pembuat Kasur Terima Santunan Rp42 Juta dari BPJamsostek

“Harus terus ditingkatkan Protokol Kesehatan, pengendalian mobilitas masyarakat dan meningkatkan sebaran vaksin kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, realisasi belanja untuk penanganan Covid pada daerah sudah ada perbaikan, seperti penggunaan DID untuk bidang kesehatan, penyaluran Dana Desa (DD) untuk COVID-19 dan penyaluran BOK untuk upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 sudah terjadi peningkatan realisasinya demikian juga untuk realisasi pembayaran insentif Nakes sudah ada peningkatan.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Faisal Mang menyampaikan, harapan Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir, walaupun terjadi trend penurunan kasus di setiap daerah jangan membuat masyarakat dan kita semua sampai kendor untuk melaksanakan Protokol Kesehatan.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Minta Bupati/Wali Kota Tingkatkan Sebaran Vaksin

“Bupati/Wali Kota, Satgas, TNI dan Polri harus terus mengendalikan mobilitas masyarakat adanya pelonggaran tidak menjadikan kita hilang kendali dari Protokol Kesehatan, terus ditingkatkan Protokol Kesehatan sesuai ketentuan dan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur terkait dengan kebijakan selanjutnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menunggu Intruksi Mendagri yang akan dikeluarkan tanggal 20 September 2021, semoga seluruh kabupaten dan kota Palu bisa turun level PPKM, semuanya bisa turun ke Level 3 dan 2 atau 1,” harapnya.

Diketahui, dalam rapat evaluasi PPKM itu, sebelumnya disampaikan untuk daerah kabupaten dan kota yang sudah berada pada Level 3 agar dalam mengambil langkah-langkah untuk membuka Sekolah Tatap Muka (STM) dengan berpedoman kepada SKB empat Menteri dan sudah ditindaklanjuti Gubernur Sulawesi Tengah kepada daerah yang sudah berada pada Level 3 sudah dapat membuka sekolah tatap muka dengan berpedoman pada SKB empat Menteri.

Baca Juga :   MENUJU KOTA ADIPURA, Warga Talise Rutin Kerja Bakti di Akhir Pekan

Selain evaluasi PPKM Level 4, juga membahas pelaksanaan seri MotoGP yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika NTB yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2021, juga pelaksanaan kompetisi Liga I dan pelaksanaan PON Papua yang harus dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan yang sangat ketat. HJ

Komentar

News Feed