oleh

Ops Patuh Tinombala 2021 Dimulai, Ini Sasaran Operasinya

-Kota Palu-dibaca 98 kali

SULTENG RAYA – Polda Sulteng beserta Polres jajaran pada Senin (20/9/2021) kemarin resmi memulai Operasi Patuh Tinombala 2021 yang ditandai dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan.

Dalam Operasi Patuh Tinombala 2021 yang dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021, berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia dengan sasaran delapan jenis pelanggaran yang dijadikan sasaran operasi pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban lakalantas.

Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Hery Santoso yang bertindak sebagai pimpinan apel gelar pasukan Operasi Patuh Tinombala 2021 yang juga membacakan arahan Kapolda Sulteng menyebutkan, sasaran operasi yakni pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm standar SNI, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan, pengemudi dalam keadaan pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, pengemudi di bawah umur dan pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, serta kendaraan yang menggunakan lampu strobo, rotator dan sirine yang tidak sesuai peruntukkannya.

Baca Juga :   Pj. Sekdaprov Sulteng Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Masjid Baitul Haq

Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut, dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar.

”Selain tindakan teguran, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas, penerapan protokol kesehatan,” ucapnya.

Tahun ini, dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan blackspot, trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Selain itu, Wakapolda juga menekankan, di masa pandemi COVID-19 pelaksanaan Ops Patuh Tinombala 2021 menitikberatkan kegiatan preemtif dan preventif di bidang protokol kesehatan dan kamseltibcarlantas dengan mengedepankan kegiatan eduktif, persuasif, simpatik dan humanis.

Baca Juga :   DORONG CAPAIAN HERD COMMUNITY, PTM. Alitopan Club-TNI Angkatan Laut Vaksin Masyarakat

“Sehingga tercapainya tujuan yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam mentaati prokes COVID-19 dan disiplin dalam berkendara guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang mantap,” harapnya.

Kapolda Sulteng juga mengingatkan, kepada personel yang terlibat Operasi Patuh Tinombala 2021 agar selalu memanjatkan doa kepada tuhan yang maha esa sebelum bertugas. Kedua, utamakan faktor keselamatan dengan pedomani standar operasional dan kesehatan COVID-19.

Dan yang ke ketiga, hindari tindakan arogan dengan mengedepankan tindakan simpatik dan humanis dan keempat, lakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

Sementara, Direktur Lantas Polda Suteng, Kombes Pol Kingkin Winisuda selaku Kasatgasda Ops Patuh Tinombala 2021 mengatakan, apel gelar pasukan itu dilakukan serentak dengan menerapkan prokes COVID-19.

Baca Juga :   Mas Yanto: Untung Pertalite dan Elpiji Tidak Langka Selama Pandemi

“Diharapkan kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk nendukung suksesnya Operasi Patuh Tinombala 2021 dengan taat dan disiplin prokes COVID-19 serta mematuhi aturan dan tata tertib berlalulintas dengan tidak melakukan pelanggaran, karena pelanggaranlah awal dari terjadinya kecelakaan,” tegas Dirlantas Polda Sulteng. */YAT

Komentar

News Feed