oleh

Warga Huntap Tondo I Keluhkan Air Bersih

-Kota Palu-dibaca 73 kali

SULTENG RAYA – Sejumlah warga Hunian Tetap (Huntap) Tondo I mendatangi Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawei Tengah, Senin (20/9/2021).

Kedatangan warga tersebut terkait permasalahan air bersih di Huntap Tondo I.

“Kedatangan warga ini terkait persoalan air bersih, yang mana sampai sekarang belum mengalir sebagaimana yang sudah disampaikan pihak PUPR. Makanya kami datang untuk meminta kejelasan terkait air tersebut. Sebelumnya pihak PUPR menjanjikan akan memfasilitasi adanya air itu,” ujar Ketua RT 01 Huntap Tondo I, Aslian Laparigi.  

Aslian mengatakan, di wilayah Huntap Tondo I air bersih mengalir dua kali dalam sehari dan ada dua kendala kesulitan air yang dialami warga setempat, yakni keruhnya air ketika turun hujan dan debit air menurun ketika musim panas.

Baca Juga :   MTsN 1 Palu Mulai PTMT dengan Prokes Covid-19 Ketat

Menurutnya, hingga saat ini ketersediaan air bersih belum mengalir sebagaimana sudah dijanjikan sebelumnya.

Permasalahan lainnya, kata Aslian, satu titik pompa air mengalami kerusakan. Untuk itu, ia meminta pihak PDAM Kota Palu dan BPPW Sulteng memfasilitasi perbaikannya.

Alhamdulillah dari pihak Balai itu mengatakan besok (hari ini) sudah akan diperbaiki. Itulah yang dikeluhkan warga sekarang. Pihak BPPW juga mengatakan akan mengatur pertemuan dengan pihak PDAM. Kita berharap, pertanggungjawabannya bisa membantu kami untuk ketersediaan air itu sendiri. Hasil dari pertemuan tadi, titik temunya akan diselesaikam, artinya ada pompa dan alat alat yang rusak akan diperbaiki PUPR,” ujarnya.

Pada pertemuan itu, Kepala BPPW Sulteng, Ferdinand Kana Lo, mengucapkan permohonan maaf atas penanganan air di Huntap Tondo I dan ia menargetkan akan mengatasai permasalahan itu dalam pekan ini.

Baca Juga :   PDUI Sulteng Akan Gelar Seminar dan Workshop PGP Extra

“Ada dua sumber air yang mengalir, di antaranya dari sungai Poboya dan Vatutela. Ini kan kalau hujan di atas, mereka (PDAM) kewalahan. Jadi besok (hari ini) kami (BPPW) akan atur pertemuan antara warga dengan PDAM Kota Palu,” kata Ferdinand.

Usai pertemuan itu, pihak BPPW Sulteng mengirimkan dua unit mobil tangki air untuk warga RT 1 hingga RT 3 Huntap Tondo I. NDY

Komentar

News Feed