oleh

Pemerintah Lere Sediakan Layanan Pembuangan Sampah

-Kota Palu-dibaca 47 kali

SULTENG RAYA – Dalam rangka membantu masyarakat membuang sampah di TPS dan mencegah adanya tumpukan sampah liar, Pemerintah Kelurahan Lere kini menyediakan layanan pembuangan sampah menggunakan kaisar untuk masyarakat di kelurahan setempat.

Lurah Lere, Akbar Utama, mengatakan, layanan pembuangan sampah menggunakan kaisar tersebut tidak berlaku wajib untuk masyarakat Lere. Artinya, kata dia, masyarakat diberi pilihan yaitu untuk membuang sampahnya sendiri ke pembuangan sampah atau masyarakat bisa berlangganan jasa layanan kaisar.

“Layanan ini tidak wajib untuk masyarakat, dengan asumsi bagi masyarakat yang tidak langganan itu tidak masalah. Namun, dengan tanggungjawab membuang sampahnya langsung ke TPS secara mandiri atau bisa menggunakan dan  memanfaatkan jasa layanan kaisar,” kata Akbar Utama, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga :   DUKUNG ADIPURA 2023, TRC DLH Palu Fokus Jaga Kebersihan di Jalan Protokol

Ia juga menjelaskan bahwa layanan pembuangan sampah menggunakan kaisar tersebut berbayar, serta untuk jumlah atau biaya retribusinya pihak RW/RT dan masyarakatlah yang menyepakatinya.

“Karena tidak ada biaya pemeliharaannya dan juga gaji drivernya sehingga menimbulkan biaya. Nah, biaya ini tentunya untuk pemeliharaan kaisar dan juga untuk membayar gaji driver, untuk biaya retribusinya sesuai dengan berita acara pinjam pakai dari pihak kecamatan ke pihak RW, itu pengelolaannya semua diberikan kepada RW/RT masing-masing jadi merekalah yang menyepakati bersama masyarakat berapa biaya retribusinya, tentunya tidak memberatkan masyarakat dan merekapun terlayani,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, kaisar yang digunakan untuk layanan pembuangan sampah berjumlah enam unit dan tersebar dienam RW di Kelurahan Lere.

Baca Juga :   REALISASI PUPUK BERSIBSIDI TW III, Urea 56 Persen, NPK Phonska 85 Persen

“Kami memanfaatkan kendaraan kaisar yang ada di Kelurahan Lere, yang merupakan aset dari pihak kecamatan. Untuk, jumlah kendaraan kaisar yang digunakan di Kelurahan Lere sebanyak enam unit dan sekarang kami serahkan pengelolaannya kepada enam RW yang ada di Kelurahan Lere untuk membantu melayani pembuangan sampah masyarakat Lere,” jelasnya.ULU

Komentar

News Feed