oleh

Pangdam XIII/Merdeka Bahas Strategi Pengamanan Obvitnas

SULTENG RAYA – Pemerintah Indonesia terus memberikan perhatian terhadap Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang ada di tanah air.

Tak hanya menyangkut dukungan terhadap iklim investasi saja, namun juga dukungan keamanan bagi kelangsungan investasi yang ada. Apalagi hal itu menyangkut hajat hidup orang banyak dan atau sumber pendapatan negara.

Hal itulah yang mendorong Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, melakukan kunjungan di kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kamis (16/9/2021).

PT IMIP adalah salah satu proyek strategis nasional yang juga telah ditetapkan sebagai Obvitnas oleh pemerintah.

Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit mengatakan, peran TNI dalam menunjang keamanan Obvitnas ini memang sangat dibutuhkan, sehingga kunjungan kerja ke daerah yang di dalamnya terdapat Obvitnas, memang kerap dilakukan, tentu saja yang berkaitan dengan rencana strategis pengamanan.

“Mengapa demikian…??? Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, apalagi Kodam XIII/Merdeka ada berkaitan langsung dengan kegiatan-kegiatan yang ada di PT IMIP ini, misalnya pintu masuk dari TKA ini, salah satunya ada di Manado, namun sampai hari ini tidak ada masalah yang ditemukan,” jelasnya.

Bagi mantan Danrem 151/Binaiya ini, kehadiran TNI di PT IMIP bukan hanya untuk memberikan dukungan keamanan semata, namun juga memastikan investasi dapat berjalan dengan baik. “Pada akhirnya, informasi-informasi hoaks yang berkembangan di luar sana tentang kawasan ini akan hilang dengan sendirinya saat kita sudah melakukan kunjungan di kawasan PT IMIP ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja mengatakan, dimanapun investasi itu berada, tentu sangat diharapkan dukungan dari semua pihak yang ada, baik instansi pemerintah setempat, TNI dan Polri, atau masyarakat yang berada di sekitarnya. Apalagi, sebagai proyek strategis nasional, PT IMIP sendiri telah menyerap investasi senilai lebih dari 8 miliar US $.

“Tentunya sebagai pengusaha, kita berharap keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi dapat tercipta dengan pengamanan Obvitnas yang dilakukan oleh pihak TNI-Polri, apalagi sinergitas kami dengan pihak TNI-Polri sudah berlangsung dengan baik, olehnya itu, kita berharap juga supaya iklim investasi di KI PT IMIP ini dapat dijaga bersama-sama,” jelasnya.

Dalam kunjungannya hanya berlangsung sekira dua jam itu, Panglima Kodam XIII/Merdeka didampingi oleh Ketua Persit KCK Daerah Kodam XIII/Merdeka, Yanti W.W.F. Mamahit, Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf, beserta perwira menengah Kodam XIII/Merdeka dan Korem 132/Tadulako.

Usai melakukan pertemuan singkat yang membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan pengamanan Obvitnas, rombongan Kodam XIII/Merdeka juga melakukan kunjungan ke sejumlah pabrik yang ada di PT IMIP dan bertolak dari PT IMIP menuju Kodim 1311/Morowali. BMG

Komentar

News Feed